Linkaja Dapat Dana Segar dari Gojek

Aplikasi fintech Linkaja resmi mengumumkan investasi strategis dari Gojek. Dalam penggalangan dana melalui penerbitan saham preferen Seri B, Linkaja saat ini telah mencapai total komitmen lebih dari US$ 100 juta. Dalam penggalangan dana ini, Credit Suisse dan Hiswara Bunjamin & Tandjung bertindak sebagai agen penempatan eksklusif dan penasihat hukum Linkaja.

Melalui pendanaan ini, Linkaja akan memperluas opsi metode pembayaran untuk beberapa layanan tertentu di aplikasi Gojek di Indonesia. CEO Linkaja, Haryati Lawidjaja mengatakan, integrasi ini semakin memperkuat kemitraan Gojek yang sudah terjalin dengan Linkaja berupa pembayaran layanan transportasi dan reservasi tiket di aplikasi Gojek.

Bergabungnya Gojek sebagai salah satu pemegang saham strategis juga diharapkan akan memberikan akses bagi pihaknya ke ekosistem Gojek untuk dapat mempercepat inklusi keuangan di Indonesia. "Kami sangat senang Gojek bergabung sebagai pemegang saham kami, menyusul investasi yang dilakukan oleh pemegang saham terkemuka Linkaja lainnya dalam penggalangan dana Seri B," katanya.

Menurut Haryati, kemitraan bersama ini juga akan memberikan pengguna dan pelaku usaha lebih banyak pilihan saat bertransaksi, serta menghadirkan tambahan kemudahan dan kenyamanan bagi jutaan orang yang menggunakan layanan Gojek dan Linkaja setiap hari.

Saat ini, platform Linkaja sebagian besar berfokus pada pembayaran untuk pembelanjaan ritel, layanan publik dan layanan kebutuhan sehari-hari dengan 80% penggunanya berasal dari kota-kota Tier 2 dan Tier 3 di Indonesia. Sementara layanan pembayaran digital Gojek melalui Gopay, melayani kebutuhan sektor ritel dan bisnis di Indonesia khususnya untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta layanan kebutuhan sehari-hari dalam platform Gojek.

"Kemitraan antara kedua perusahaan akan memungkinkan pengalaman pembayaran dari hulu ke hilir yang semakin mudah bagi pengguna dalam semua aspek kehidupan sehari-hari mereka," tambah Haryati.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek, mengatakan, pandemi Covid-19 dan dampaknya yang luas telah menekankan pentingnya pembayaran digital dalam kehidupan kita sehari-hari, yang menjadikan kolaborasi ini sangat tepat waktu. "Dengan Linkaja sebagai mitra strategis, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan pelaku usaha dengan berbagai skala bisnis, serta memberi mereka tambahan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi," ujarnya berharap.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)