Management Trends zkumparan

Lion Parcel Tambah Layanan Pengiriman Satu Hari

Lion Parcel (PT Lion Express) kembali meluncurkan inovasi layanan Onepack, yaitu pengiriman kilat dalam waktu hanya 1 hari dengan jaminan uang kembali. Di tahap awal, layanan ini bisa dinikmati untuk pengiriman barang dari Jakarta ke 28 kota, dan dari 18 kota ke Jakarta.

Melalui Onepack, pengiriman barang yang butuh kepastian waktu seperti seperti makanan, oleh-oleh khas daerah, dokumen berharga atau belanja online yang ingin cepat sampai menjadi sangat mudah, ekonomis dan aman.

CEO Lion Parcel, Farian Kirana mengatakan inovasi ini merupakan wujud komitmen pengantaran paket ke seluruh Indonesia hanya dalam 1 hari. “Kami membentuk ‘golden route’. Bahkan saat ini, kami mampu mengantarkan paket dari Jakarta menuju Jayapura hanya dalam 1 hari menggunakan Onepack. Kami optimistis mampu meraih minimal 95% success delivery rate.” ujarnya.

Golden route adalah rute pilihan utama yang menggunakan jadwal pesawat yang paling optimal untuk memaksimalkan pengiriman di esok hari. Rute ini menjadi landasan untuk layanan ini melayani pengiriman dari Jakarta menuju 28 kota (Ambon, Banjarmasin, Bengkulu, Banda Aceh, Bandung, Bandar Lampung, Balikpapan, Batam, Denpasar, Jayapura, Jambi, Medan, Kupang, Lombok, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Pontianak, Semarang, Solo, Sorong, Surabaya, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Makassar dan Yogyakarta) dan pengiriman dari 18 kota (Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Denpasar, Kupang, Manado, Makassar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Lampung) ke Jakarta. Kedepannya, kota-kota yang dicakup oleh layanan ini akan terus bertambah seiring waktu dan setelah keadaan sudah kembali normal.

Untuk mengetahui harga pengiriman ini, konsumen hanya perlu menggunakan platform website atau aplikasi Lion Parcel di smartphone mereka, kemudian melakukan pick-up barang secara gratis atau melakukan drop-off di agen pengiriman Lion Parcel. Barang yang dikirim menggunakan sebelum jam 2 siang akan sampai di kota tujuan keesokan harinya. Jika barang belum sampai keesokan harinya, maka konsumen berhak untuk mengajukan refund ongkos kirim barang melalui kanal yang tersedia.

Selama pandemi, data internal Lion Parcel menunjukkan bahwa terjadi peningkatan volume pengiriman barang hingga 17% dibanding masa sebelum pandemi. Selama periode ini, barang yang paling sering dikirimkan lewat layanan Lion Parcel adalah pakaian, masker dan alat kesehatan.

Jakarta, Medan dan Tangerang menjadi kota asal dengan pengiriman barang terbanyak. Sementara kota Jakarta, Makassar dan Medan menjadi kota tujuan pengiriman barang terbanyak. Jalur logistik ke kota – kota inilah yang kemudian juga menjadi prioritas bagi Lion Parcel untuk menyediakan layanan ini pada fase pertama.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved