L'oreal Ajak Perangi Pelecehan Seksual Lewat Kampanye Stand Up

Dalam riset yang dilakukan secara nasional oleh L'Oréal Paris bersama IPSOS Indonesia, 82% perempuan Indonesia mengaku pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik. Dari survei tersebut 91% responden mengatakan mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu korban.

Sejalan dengan brand purpose dan misi global perusahaan untuk memberdayakan perempuan, L’Oréal Paris pun meluncurkan kampanye Stand Up Against Street Harassment di Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini (08/03/2021).

Bekerja sama dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Hollaback! Jakarta, L’Oréal Paris memfasilitasi pelatihan global intervensi pelecehan seksual di ruang publik melalui metode pelatihan 5D (Dialihkan, Dilaporkan, Dokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan) baik secara mandiri di website, dan juga training bersama Hollaback! Jakarta.

"Program ini dirancang khusus untuk memberdayakan perempuan sekaligus mendukung saksi insiden untuk membantu korban dan mengintervensi pelaku dengan cara yang aman," ujar Maria Adina, Brand General Manager L'Oréal Paris Indonesia yang menargetkan dapat melatih 100.000 masyarakat pada akhir tahun 2021 melalui modul pelatihan mandiri yang tersedia di situs web perusahaan serta serangkaian pelatihan yang difasilitasi oleh Hollaback! Jakarta dan didukung oleh komunitas, jurnalis, public figure, aktivis dan influencer.

Stand Up merupakan program global yang menargetkan untuk melatih 1 juta orang pada tahun 2021. Di Indonesia sendiri, L’Oréal Paris mengajak seluruh lapisan masyarakat, termasuk 100% karyawan L’Oréal Indonesia mulai dari dewan direksi, manager, staf, hingga pegawai kontrak seperti Beauty Advisor dan Trainers," paparnya.

Anindya Restuviani, Site Leader dan Co-director of Hollaback! Jakarta menambahkan, seringkali ketika kita menjadi saksi insiden pelecehan seksual di ruang publik, kita berpikir bahwa kita tidak dapat membantu. Untuk persepsi seperti inilah Training 5D hadir sebagai solusi, sebuah metode intervensi yang telah diakui oleh sejumlah ahli sebagai solusi aman, praktis dan efektif untuk diimplementasikan baik bagi saksi maupun korban pelecehan seksual.

Pelecehan seksual di ruang publik merupakan isu yang mengkhawatirkan di Indonesia. Apalagi karena sampai saat ini belum ada payung hukumnya, sementara pembahasan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual masih tertunda. Namun untuk penanganannya, seluruh pihak termasuk lembaga pemerintahan, aparat hukum, dan masyarakat umum perlu terlebih dahulu memahami bahwa insiden ini bukanlah hal yang sepele.

"Kampanye ini menawarkan solusi bagi masyarakat dalam mencegah dan dengan aman menghentikan tindak pelecehan seksual di ruang publik. Kami tentunya mendukung kampanye ini karena berkesesuaian dengan tujuan dari keberadaan Komnas Perempuan untuk mengembangkan kondisi yang kondusif bagi perempuan Indonesia serta meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan pelecehan perempuan,“ papar Andy Yentriyani selaku Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Bersamaan dengan peluncuran kampanye ini, L'Oréal Paris juga memperkenalkan spokesperson barunya, Cinta Laura yang juga terpilih sebagai Duta Anti-Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. L’Oréal Paris juga memberikan donasi sebesar Rp 200 juta untuk Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan. Melalui donasi ini, L’Oréal Paris mendukung program Pundi Perempuan dalam hal penyediaan layanan pendampingan konseling dan penyediaan rumah aman untuk korban diskriminasi terhadap perempuan.

Selama lebih dari setengah abad, L'Oréal Paris mempunyai komitmen untuk mendukung dan menggaungkan betapa berharganya perempuan untuk dapat hidup sesuai keinginan dan mimpinya. "Dalam perayaan 50 tahun tagline ikonik kami, We’re Worth It, L'Oréal Paris melanjutkan upayanya untuk mendobrak batasan-batasan demi memberdayakan perempuan melalui kecantikan dan membangun kepercayaan diri," tutur Manashi Guha, General Manager Consumer Products Division L’Oréal Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)