MAMI Gunakan Karakter Komik Si Juki untuk Edukasi Reksa Dana

Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menggunakan tokoh Si Juki, kartun yang dikenal kocak dalam kampanye terbarunya. Bersama Pionicon komik edukasi finansial Si Juki Dompet Kosong yang dicetak oleh PT Elex Media Komputindo (Elex Media) diluncurkan. Melalui komik ini diharapkan kesadaran masyarakat akan investasi reksa dana akan meningkat.

Menurut survei nasional literasi dan inklusi keuangan pada 2016 yang dilakukan oleh OJK, masyarakat yang paham akan pasar modal hanya 4,40% dan yang menggunakan produk pasar modal hanya 1,25% dari total penduduk Indonesia. Rendahnya pemahaman pasar modal utamanya produk reksa dana mendorong MAMI mencari cara menarik agar masyarakat lebih tertarik berinvestasi di reksa dana.

"Untuk melakukan edukasi yang efektif pada generasi muda, kami tahu kami harus membuat sesuatu yang berbeda.  Komik Si Juki vs Dompet Kosong tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik para pembacanya yang mayoritas generasi muda.  Melalui komik ini, kami harap edukasi reksa dana dapat menjadi lebih ringan, lebih menyenangkan, dan lebih mudah dimengerti. Setelah membaca komik ini, kami berharap para pembacanya dapat mulai tergerak untuk belajar mengelola keuangannya dengan lebih baik, mulai mengenal reksa dana, dan terhindar dari iming-iming investasi bodong," kata Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur MAMI

Faza Meonk, Creative Director Pionicon, yang juga kreator komik Si Juki menambahkan edukasi dengan komik bukan yang pertama, komik Si Juki vs Dompet Kosong merupakan tantangan baru baginya. "Kalau komik yang kami hadirkan sebenarnya untuk menghibur, menjadi tantangan ketika harus memasukan konten reksa dana yang cukup berat. Jadi kami harus membuat konten tentang reksa dana ini menjadi ringan dan tetap menghibur. Untuk itulah dimunculkan karakter baru untuk mengimbangi Juki yang lebih selengekan. Karakter baru ini lebih paham mengenai pengelolaan keuangan dan lebih banyak memberikan informasi. Sedangkan Juki sering salah kaprah dalam memaknai informasi yang diberikan," jelasnya.

Ida Bagus Kade Syumanjaya, Fiction Editorial Manager Elex Media, mengungkapkan, pihaknya menyambut positif digunakannya tokoh Si Juki dalam edukasi reksa dana yang dilakukan MAMI. "Si Juki bisa membawa pesan baik, saya yakin pesannya akan tersampaikan dengan lebih mudah, karena umumnya orang lebih menyukai karya visual.  Selain itu, bahasa yang digunakan pun singkat dan lebih mudah dipahami dibandingkan tulisan panjang. Dalam komik ini, Faza dan tim Pionicon mampu menerjemahkan pesan edukasi dari MAMI ke dalam bahasa yang lebih universal, sehingga dapat diterima oleh lebih banyak orang. Saya berharap filosofi dasar yang ingin dibagikan oleh MAMI ke para pembaca Si Juki dapat tersampaikan, sehingga komik ini bisa menjadi buku yang bukan hanya menghibur, tetapi sekaligus mendidik, khususnya dalam literasi keuangan," ia menerangkan.

Komik Si Juki vs Dompet Kosong sudah bisa ditemui di seluruh toko buku Gramedia di Indonesia. Dan pada saat peluncuran komik ini (24/05/2018) menggandeng Karya Salemba Empat, diserahkan sumbangan komik ini pada 29 universitas negeri di 20 provinsi seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)