10 Isu Strategis dalam Manajemen SDM

Konsultan global McKinsey & Co. sudah meriset fenomena dan praktik manajemen talenta sejak tahun 1990-an. Hasil riset awal itu diterbitkan sebagai artikel jurnal dengan judul The War for Talent (1997), kemudian dibukukan dengan judul yang sama (2001). Siapa sangka, hingga saat ini tema tersebut rupanya tetap menjadi isu hangat di bidang manajeman SDM (human resource/human capital management) korporasi global.

10 isu stratgis SDM Foto : majalah swa edisi 26/2015

Mayoritas narasumber SWA memang menyebutkan isu manajemen talenta masih mendominasi wacana ataupun agenda kerja mereka, ketika ditanyakan apa saja isu paling strategis yang saat ini tengah terjadi dan berkembang di bidang manajemen SDM korporat “Talent management merupakan salah satu isu penting yang menjadi topik pembicaraan di dunia HR management,” kata Tommy Sudjarwadi, Partner & Head Dunamis FranklinCovey. Sebagai catatan, yang dipilih sebagai narasumber SWA untuk artikel ini adalah pakar dan praktisi manajemen SDM senior dari sejumlah perusahaan ternama.

Menurut Husein Samy, Country Manager Human Resources IBM Indonesia, ketersediaan talenta (talent availability) – dengan keahlian dan pengalaman tertentu –   masih menjadi fokus dan perhatian banyak perusahaan di Indonesia. Alasannya, persaingan bisnis yang makin ketat dan perkembangan teknologi penunjangnya menuntut ketersediaan talenta dengan keterampilan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan perkembangan tersebut.

Selain soal ketersediaan, isu penting terkait talenta adalah bagaimana kemampuan perusahaan meretensi orang-orang terbaiknya itu (talent retention). Husein menyebut hal ini merupakan konsekuensi logis dari kondisi ketersediaan talenta yang terbatas, sementara kebutuhan akan mereka terus meningkat. Karenanya, kompetisi untuk memperoleh talenta – yang sudah digambarkan bagus dengan istilah war for talent – selalu terjadi.

Masalah talenta hanyalah satu dari sejumlah isu paling hangat dan strategis yang diungkap oleh para praktisi manajemen SDM senior itu. Lainnya adalah sejumlah isu yang sebenarnya sudah cukup lama tetapi sekarang makin kuat relevansinya, semisal isu pengembangan SDM (people development), keterlekatan karyawan (employee engagement), perencanaan suksesi pemimpin (leader succession planning), budaya perusahaan (corporate culture),   hingga hubungan industrial (industrial relation). Di luar itu, ada pula sejumlah isu hangat lainnya yang mencuat dan menguat beberapa waktu belakangan. Terutama sekali, bagaimana mengelola generasi milenial (Gen Y). Di samping itu, juga ada isu manajemen keberagaman karyawan, pengembangan desain organisasi baru, hingga makin masifnya penggunaan teknologi penunjang untuk manajemen SDM.

Menurut Irvandi Ferizal, Ketum Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia Indonesia, isu-isu tersebut – yang sebagian betul-betul tantangan baru – mengemuka lantaran kita hidup di zaman yang sudah berbeda dari masa sebelumnya. Ia mengistilahkannya zaman VUCA, yakni era yang penuh dengan volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity.

Di antara tanda era ini adalah kompetisi bisnis yang makin ketat, termasuk keharusan perusahaan lokal bersaing dengan perusahaan dari lingkungan regional (misalnya akibat kesepakatan MEA) bahkan global. Juga, adanya kelangkaan talenta, sehingga mengakibatkan terjadinya perebutan talenta di pasar tenaga kerja. Kenyataan lainnya, kehadiran Gen Y – yang lahir di era 1980-an hingga pergantian milenium – dengan karakteristiknya yang khas dalam jumlah yang signifikan. Dan tak bisa dimungkiri adalah perkembangan teknologi, khususnya teknologi konsumer (seperti smartphone dan mobile app) dan media sosial. “Hal ini menuntut program-program human capital mampu menjawab tantangan tersebut, termasuk dengan penyesuaian desain organisasi dan kapabilitas karyawan, yang ditunjang dengan proses manajemen perubahan,” ujar Irvandi, yang juga Direktur Human Capital Maybank. (Selengkapnya, baca di Majalah SWA edisi 26/2015, 10-20 Desember 2015)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)