10 Kunci Agar Bisnis Ritel Sukses di Negeri Orang

Perusahaan ritel Indonesia dipandang mampu untuk bersaing di kancah global. Akan tetapi, melangkah ke negara lain harus ada strategi jitu supaya bisa bersaing dengan perusahaan serupa. Monica Lucas, Director of Pragma Consulting dari Inggris, mengatakan, ada 10 kunci sukses bagi perusahaan ritel yang mau melanglang buana.

“Ada 10 kunci untuk sukses (dalam merambah pasar internasional). Ini kunci yang penting untuk internasionalisasi,” terang Monica, dalam seminar dengan tema “Retail Trends 2013: Learning to Apply Cutting Edge Retail Trends,” di Jakarta, Senin (25/3/2013).

Monica Lucas, Director of Pragma Consulting dari Inggris

Kunci yang pertama adalah lokasi. Kedua, kata Monica, adalah memahami apa yang diinginkan oleh konsumen atau pelanggan. Terkait dengan kunci kedua, ia menegaskan bahwa sebagus apapun keahlian dan kemampuan pengusaha menjalankan usaha ritelnya tapi kalau tidak disertai dengan kemampuan memahami pelanggannya, maka sejumlah keunggulan yang dimiliki akan sia-sia.

Kunci ketiga yakni mempunyai rangkaian produk yang tepat. Keempat, perusahaan harus memilih saluran yang baik. Misalnya, Monica menerangkan, outlet seperti apa yang akan dipilih. “Cross channel sangat penting,” imbuhnya.

Kunci kelima, lanjut dia, usaha ritel harus mempunyai manajer yang luar biasa. Keenam, usaha ritel  juga harus memiliki sebuah konsep yang jelas. Karena, jikalau pengusaha bingung dalam menentukan seperti apa konsep usahanya, maka konsumen juga akan turut bingung.

Mempunyai sistem yang bagus menjadi kunci ketujuh. Dan, kunci sukses kedelapan adalah pemasaran yang efektif. Dijelaskan Monica bahwa perusahaan harus mampu menciptakan merek dan membuat promosi yang baik yang bisa menjaring banyak konsumen.

Kunci kesembilan adalah menetapkan harga yang kompetitif supaya bisa bersaing dengan usaha ritel sejenis yang telah ada di suatu tempat. Kunci terakhir, terang dia, perusahaan harus bisa mengisi celah pasar di mana pelaku usaha lain tidak bisa melakukannya.

Selain 10 kunci sukses tersebut, Monica pun mengharapkan agar perusahaan ritel bisa memahami dan mengadaptasi kultur lokal. Hal itu, terang dia, juga berpengaruh penting bagi keberlangsungan usaha. “Untuk memenangkan persaingan, kamu harus memastikan, bahwa kamu lebih baik atau paling tidak sama dengan kompetitor di mata konsumen,” tegas dia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)