Management

11 Tahun Beroperasi, TAF Transformasi dengan Logo Baru

11 Tahun Beroperasi, TAF Transformasi dengan Logo Baru

Lesunya penjualan mobil, tak mengurangi semangat PT Toyota Astra Financial Services (TAF), perusahaan pembiayaan resmi mobil Toyota, untuk menggenjot penyaluran kredit otomotifnya. Lihat saja, hingga akhir tahun 2017, manajemen TAF berambisi menggelontorkan dana pinjaman senilai Rp15,7 triliun untuk pembiayan pembelian 99.314 unit mobil.

“Target penyaluran kredit mobil TAF Rp15,7 triliun itu naik 21% jika dibandingkan pencapaian tahun 2016 senilai Rp13,1 triliun untuk pembiayaan 81.522 unit kendaraan,” jelas Naoki Tokuhisa, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Financial Services di Jakarta hari ini (1/2/2017).

Optimisme TAF itu didasari oleh pencapaian kinerja keuangan yang solid sepanjang 2016. Tahun lalu, laba TAF tercatat Rp350 miliar, sedangkan tahun 2015 mencapai Rp306 miliar. Tahun 2017, kata Presiden Direktur Toyota Astra Financial Services, David Iskandar, laba perusahaan diharapkan naiak 14% dibandingkan tahun 2016.

Menurut Naoki, TAF merupakan perusahaan hasil kolaborasi antara Toyota Financial Services Corporation (TFSC) dan PT Astra International Tbk. Kerja sama kedua belah pihak telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2006, dengan tujuan untuk menjadikan Toyota Astra Finance sebagai pilihan utama dalam menyediakan layanan jasa pembiayaan untuk kepemilikan kendaraan Toyota.

Nah, setelah 11 tahun beroperasi, pada awal 2017 ini manajemen TAF melakukan transformasi perusahaan tersebut. Salah satunya ditandai dengan peluncuran logo baru. Wisnu Kusumawardhana, Deputy Marketing Director TAF, menjelaskan, tahun 2017 ini merupakan awal baru untuk identitas TAF. Pelanggan dijanjikan akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan lebih baik bersama TAF.

“Perkembangan TAF saat ini, melalui 32 kantor cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia, berhasil mencetak pertumbuhan aset Rp22,2 triliun di tahun 2016 dan mengalami pertumbuhan sekitar 24,7% dibanding tahun sebelumnya. Melihat proyeksi 2017 nanti dan tentunya menjadi alasan utama untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan,” ungkap Naoki menambahkan.

Menurutnya, identitas atau logo baru TAF memiliki beberapa makna. Pertama, panah progresif, simbol dari visi progresif untuk mengangkat kualitas hidup masyarakat Indonesia lewat solusi finansial. Kedua, pilar dan pondasi yang kuat, simbol dari stabilitas bisnis yang kokoh, solid dan terus berkelanjutan. Ketiga, simbol integrasi dari 2 brand (Toyota Financial Services & Astra International), menghadirkan stabilitas, semangat progresif dan dinamis untuk pelanggan.

Dalam persaingan yang semakin ketat, TAF ingin mempertegas identitas bahwa TAF berbeda dengan kompetitor lainnya, dari segi layanan, produk maupun program.

Melalui identitas barunya, TAF berharap para pelanggan lebih mudah mengenali TAF sebagai captive financing dan merasakan pelayanan menyeluruh untuk brand Toyota dengan Toyota Financial Services (Toyota Finance), Lexus dengan Lexus Financial Services (Lexus Finance) dan Daihatsu dengan Daihatsu Financial Services (Daihatsu Finance). “Daihatsu Finance, yang di mulai sejak Maret 2016 lalu, mendapat sambutan baik dari konsumen Indonesia, terbukti Daihatsu Finance telah menutup angka penjualan sebesar 6.100 unit di akhir tahun 2016 lalu,” jelas Wisnu.

Melalui semangat “The Caring Friends”, TAF mengajak masyarakat dan pelanggan setianya untuk dapat merasakan pelayanan pembiayaan layaknya teman baik yang selalu ada menemani perjalanan hidup pelanggan. Selain itu, TAF menyediakan berbagai penawaran pelayanan pembiayaan non-otomotif kepada TAFriends (sapaan hangat kepada teman baik TAF) seperti Produk Pembiayaan Multiguna untuk existing customer (pembiayaan edukasi, wisata, dan rumah/tempat tinggal) serta pembiayaan syariah.

Melihat peluang perkembangan teknologi saat ini, TAF memberikan sebuah bentuk kemudahan baru dengan segera meluncurkan Toyota Finance mobile apps dengan nama Toyota Flex “Toyota Finance Lifetime Experience”. Aplikasi ini menjanjikan 2 keunggulan utama kepada TAFriends yaitu Pengajuan kredit untuk Toyota idaman dengan 3 langkah mudah, “Hitung, Uji, Ajukan” dan layanan tanpa batas untuk existing customer.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved