2012, Adira Insurance Targetkan Premi Bruto Rp 1,8 Triliun

Tahun 2011, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) telah mengukir prestasi gemilang. Karena pendapatan premi brutonya tembus Rp 1,5 triliun. Menurut Willy Suwandi Dharma Direktur Utama Adira Insurance, premi tersebut diperoleh dari 5,6 juta polis aktif di Adira Insurance. Bila tahun sebelumnya pencapaian premi bruto tahun lalu mengalami peningkatan sekitar 40%. Tahun ini Adira Insurance ditargetkan mengalami pertumbuhan pendapatan premi bruto sekitar 20% (Rp 1,8 triliun). “Pasar asuransi di Indonesia akan terus berkembang seiring pertumbuhan kelas menengah dalam negeri,” ujar Willy optimis.

Tahun 2010, bruto (GDP) Indonesia 19% menjadi US$ 706,5 miliar, namun penetrasi asuransi umum di Indonesia masih rendah, sekitar 0,5% dari total GDP di Indonesia, sehingga hal ini merefleksikan potensi asuransi umum masih terbuka lebar. Dampaknya, pertumbuhan pendapatan premi bruto asuransi umum di Indonesia juga fluktuatif, tidak terus-menerus meningkat dari tahun ke tahun sesuai pertumbuhan GDP. Pendapatan premi bruto, tercatat fluktuatif sejak 2007-2010. Tahun 2007/2008 misalnya pertumbuhan pendapatan premi bruto sekitar 23%, namun 2008/2009 menurun tajam hingga 5,8%, dan membaik tipis menjadi 11% selama 2009/2010.

Hal tersebut juga berdampak terhadap densitas umum di Indonesia hanya US$ 14 per kapita. Artinya, diasumsikan semua penduduk Indonesia membeli polis maka tahun 20101 (satu) orang di Indonesia hanya berbelanja asuransi umum sebesar US$ 14 (sekitar Rp 130 ribu) dari seluruh pendapatannya dalam setahun. Berbeda bila dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai US$ 118/orang,ataupun Singapura sudah mencapai US$ 1.301/orang.

Willy menambahkan, keberhasilan yang didapat Adira Insurance, selama 10 tahun tersebut berkat kultur perusahaan yang dibangun dan diperkuat secara konsisten dan terus-menerus seperti corporate values dalam HERE (Honesty, Excellence, Respect, Enthusiasm), sementara Value Proposition SURe (Simple, Unique, Reliable), sehingga dengan kultur perusahaan yang kuat, Adira Insurance para pelanggan mendapatkan produk berkualitas dan service dengan standar yang tinggi.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)