2013, Danone Aqua Tingkatkan Produksi 10-12 Persen

 

Kepedulian Danone Aqua terhadap pelestarian air dan lingkungan terus digalakkan. Selain melalui program Aqua Lestari yang melaksanakan berbagai program sosial dan lingkungan dari hulu hingga hilir di dekat sumber Aqua berada, Danone Aqua juga meluncurkan program Anugerah Jurnalistik Aqua 2012 sekaligus mengadakan diskusi dengan topik Tata Kelola Air dan Manfaatnya bagi Kehidupan. “Melalui program ini kami berharap bisa berbagi kisah dan inspirasi mengenai air kepada publik,” kata Direktur Utama Danone Aqua Parmaningsih Hadinegoro (6/11).

Parmaningsih menambahkan, sebagai pemain utama Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan 16 pabrik yang ada saat ini Danone Aqua memproduksi sekitar 8 miliar liter/tahun. “Tahun depan kami targetkan produksi meningkat sekitar 10%-12%,” kata Parmaningsih. Bahkan 2013, Danone Aqua akan kian fokus membidik segmen keluarga. Selain dipasarkan di Indonesia, Danone Aqua juga memenuhi permintaan untuk pasar Malaysia dan Singapura, meskipun jumlahnya relatif kecil.

Berdasarkan riset Indonesian Hydration Regional Study, sekitar 46,1% orang Indonesia mengalami dehidrasi ringan. Apalagi air merupakan komponen utama bagi tubuh manusia, dimana sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air yang digunakan sebagai media transportasi oksigen dan zat gizi, pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh dan lain-lain.

Hendro Baroeno, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (ASPADIN), menyatakan, saat ini permintaan AMDK) mencapai 19,8 milyar liter. Sebanyak 40% dipasok oleh Aqua, sisanya 60% dikuasai oleh merek-merek lain seperti VIT, Ades, Club, Prim-A, 2 Tang, dan lain-lain. Hendro memprediksi, Danone Aqua akan mendapat persaingan sengit dari 19,8 miliar liter merek Club, karena saat ini Club telah telah mengoperasikan 20 pabrik. Selain itu, yang harus diwaspadai adalah Prim-A yang diproduksi PT Sosro Group. Karena salah satu yang menjadi kekuatan Prim-A terletak pada varian produk yang beragam produksi Sosro Group.

Parmaningsih menegaskan untuk merawat dan menjaga air dibutuhkan kerjasama seluurh pihak, sehingga Danone Aqua berinisiatif mengkampanyekan pengelolaan dan pelestarian air. Hal senada diungkapan Hendro untuk pengelolaan air perlu melibatkan pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha agar akses air bersih tidak menjadi masalah. Karena hutan dan daerah aliran sungai juga penting untuk diperhatikan karena merupakan mata rantai air.

Rosa Sekar Mangalandum/Darandono

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)