2013 Jadi Tahun Service Quality di Seluruh Departemen TNT

Tomy Sofhian baru saja ditunjuk sebagai Managing Director TNT Express Indonesia, menggantikan Ivan Siew yang meninggalkan perusahaan untuk jabatan barunya di TNT Hong Kong.

Penunjukan Tomy menandakan sejarah baru, karena dia merupakan orang Indonesia pertama yang memimpin TNT Express Indonesia sejak perusahaan ini mulai berdiri di Indonesia 34 tahun yang lalu.

Apa saja yang akan dilakukannya sebagai pemimpin TNT Express Indonesia yang baru? Berikut ini petikan wawancaranya SWA Online dengan Tomy:

Saat pertama menjabat CGM TNT Indonesia, hal pertama apakah yang menjadi perhatian Anda?

Sama seperti ketika menjabat posisi sebelumnya, hal utama yang selalu menjadi perhatian saya adalah people. Service is about people, yang mengharuskan saya selalu memperhatikan kebutuhan karyawan serta pemenuhan kebutuhan yang layak, hal ini untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan nyaman. Karyawan yang nyaman dalam bekerja pada akhirnya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Selain melanjutkan sejumlah hal dan proses yang sudah berjalan dengan baik, apakah hal lain yang akan dilakukan?

Kembali pengembangan service adalah jawabannya, dengan meningkatkan mind set of service. Pengalaman saya dibidang layanan jasa, telah membuktikan bahwa standard layanan yang tinggi akan berdampak pada pencapaian bisnis yang luar biasa untuk perusahaan.

Seperti apa strategi yang akan dijalankan?

Dimulai Juni 2013 akan menjadi “service quality years” di seluruh departemen. Layanan yang kami berikan harus fokus dan berorientasi kepada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal. Saya yakin bisnis yang kuat dan bertahan adalah bisnis yang responsive terhadap perubahan, “most responsive to change”.

Maka dari itu kami akan mempersiapkan tim baik yang berada di frontliner CS, Sales & Marketing dan GSA, CCS dan Credit Control juga yang tidak kalah pentingnya tim back office. Bagaimana tim back office kami dapat melayani internal customer yang pada akhirnya akan berdampak kepada pelayanan yang terbaik kepada eksternal customer.

Apakah kiat khusus untuk meningkatkan market share di Industri express di Indonesia?

Selain peningkatan kualitas people, tentunya kami harus fokus pada kekuatan TNT Indonesia yang sudah kami miliki, seperti import business, proses Import clearance dan berbagai pemikiran strategis yang berorientasi kepada dinamisnya kebutuhan pasar.

Apakah kebijakan kepemimpinan yang akan diterapkan?

Pada prinsipnya adalah menekankan pada service quality dan investasi di infrastruktur dan people. Saat ini langkah strategis yang akan diambil adalah pada program investasi pada people adalah berupa resfreshment training untuk seluruh karyawan yaitu “Service Excellence Training”. Termasuk diantaranya menyempurnakan proses recruitment dan induction untuk memfilter dan memberikan standar kualitas pelayanan yang sama untuk karyawan yang baru bergabung dengan TNT Indonesia .

Selama menjabat sejumlah posisi Managerial level, kiat apa yang diterapkan sehingga banyak pencapaian yang diraih?

Yang paling utama adalah leadership. Harus seimbang antara kepercayaan yang diberikan kepada bawahan dan juga proses monitoring. Saya harus memperhatikan detail-detail proses yang ada di lapangan. Saya juga meyakini, “blusukan” adalah salah satu metode yang efektif.

Bagaimana perasaan Anda ketika terpilih sebagai CGM TNT Indonesia?

Tentunya saya bersyukur kepada Allah SWT, kemudian bangga karena orang Indonesia juga bisa diberi kepercayaan. Bagi saya, ini adalah amanah, karena semakin tinggi jabatan, maka semakin tinggi pula tanggungjawab yang diemban. Semenjak bergabung di TNT pada tahun 2002, saya tidak pernah membayangkan untuk menjadi direktur sebuah perusahaan. Saya hanya selalu fokus dan melakukan yang terbaik pada tanggung jawab dan pekerjaan saya.

Bagaimana kesan selama bekerja di TNT Indonesia?

TNT merupakan perusahaan multi nasional dengan great place to work sebagai salah satu pilar yang dijalankan, dimana perasaan nyaman dan senang selalu saya rasakan saat bekerja di TNT. Rekan kerja dan tim yang saling membantu dan saling memberikan semangat untuk memberikan hasil terbaik untuk perusahaan. Disini, kami dinilai bukan berdasarkan senioritas, tapi berdasarkan kontribusi yang sudah kita berikan.

Apakah arti sebuah kesuksesan menurut Anda?

Kesuksesan itu adalah sebuah perjalanan yang harus kita kejar dan tidak dapat kita peroleh secara instan. Dan bagi saya, kesuksesan baru memiliki arti ketika orang-orang di lingkungan kerja saya juga merasakan kesuksesan yang sama.

Selama meniti karir di TNT, apa kunci sukses yang Anda miliki?

“The art of Living is Giving”. Saya selalu berusaha memberikan dukungan bagi bawahan untuk berkembang. Ada kepuasan dan kebanggan tersendiri jika melihat mereka berhasil baik di TNT atau diluar TNT.

Apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang?

Saya lebih memilih stay at home, nonton bareng anak-anak dan menghabiskan waktu dirumah bersama keluarga. Saya ini orang rumahan, lebih senang dirumah dari pada pergi, kalau memang tidak ada keperluan. Saya berusaha untuk selalu menjaga keseimbangan waktu antara pekerjaan dan keluarga. Misalnya, saat ada kegiatan dihari Sabtu dan Minggu, sebisa mungkin turut mengajak anggota keluarga.

Saya percaya dengan keseimbangan yang baik antara kantor dan rumah, maka produktivitas di pekerjaan akan juga semakin meningkat.

Adakah harapan atau cita-cita yang masih ingin dicapai?

Secara pribadi, berdoa dan berharap, selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh yang kuasa.

Untuk TNT Indonesia, saya berharap TNT Indonesia akan menjadi perusahaan yang dikagumi oleh banyak orang, dikenal karena dapat memberikan service yang terbaik kepada pelanggan dan memperkecil jarak dengan pemimpin pasar di pasar kurir internasional di Indonesia dalam tiga tahun ke depan dan saya 1000% yakin hal itu akan tercapai tentunya dengan dukungan seluruh karyawan hebat TNT Indonesia dan tidak cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)