Management Strategy

2014, Suzuki Targetkan Pangsa Pasar 16,7%

Oleh Admin
2014, Suzuki Targetkan Pangsa Pasar 16,7%

Industri otomotif Indonesia di tahun 2012 berhasil membukukan penjualan tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya, secara whole sales sebesar 1,1 juta unit. Dengan catatan tersebut, kompetisi ketat mewarnai perjalanan industri otomotif sepanjang tahun 2013.

Tahun 2013 ini ditandai oleh kebijakan pemerintah yang diluncurkan secara resmi, yaitu program Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2) atau sering dikenal dengan Low Cost Green Car (LCGC). Kebijakan KBH2 dinilai membawa stimulus positif bagi industri otomotif nasional.

Kompetisi yang ketat dan lahirnya kebijakan KBH2 nyatanya berhasil meningkatkan penjualan otomotif nasional di tahun 2013, sekaligus memecahkan rekor angka penjualan nasional, yang sebelumnya diraih di tahun 2012. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sampai dengan November 2013, penjualan secara whole sales mencatatkan angka 1.132.174 unit, melampaui pencapaian tahun 2012 dengan angka 1.116.230 unit. Angka tersebut diprediksi masih dapat meningkat sampai dengan akhir tahun 2013, yang menurut perkiraan Suzuki bisa mencapai 1.225.000 unit.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku Agen Pemegang Merk (APM) Suzuki di Indonesia berhasil mencetak kenaikan penjualan secara nasional sebesar 148.967 unit, terhitung sejak periode Januari hingga November 2013, dengan pangsa pasar sebesar 13,2%, atau naik 17% dibandingkan dengan pangsa pasar Suzuki pada tahun 2012 sebesar 11,3%.

Hingga akhir Desember, jumlah penjualan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Total perkiraan mencapai sekitar 162.500 unit dengan pangsa pasar 13,3%, yang berarti akan naik sebesar 18% dari tahun 2012. Pencapaian penjualan selama tahun 2013 tentunya mencapai target Suzuki Indonesia, yaitu pangsa pasar sebesar 13,3% atau 160.000 unit.

Dalam lima tahun terakhir, Suzuki Indonesia mengalami peningkatan volume yang konstan. suzuki data Peningkatan tersebut membawa Suzuki berada di posisi ketiga dalam penjualan nasional sepanjang tahun 2013. Posisi tersebut naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu yang berada pada posisi keempat.

Keberhasilan Suzuki Indonesia selama tahun 2013 merupakan bukti komitmen Suzuki untuk selalu memberikan yang terbaik bagi calon konsumen dan konsumen Suzuki. Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai program penjualan yang menarik calon konsumen, produk-produk yang unggul, pengembangan dan peningkatan kualitas jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan purna jual yang terdapat di jaringan Bengkel Resmi Suzuki. Hal-hal tersebut bertujuan memberikan kemudahan bagi seluruh calon konsumen dan konsumen Suzuki.

Strategi Produk

Untuk mendukung penjualan, maka SIS telah mempersiapkan berbagai strategi termasuk produk. Selama tahun 2013, SIS telah memperkenalkan enam produk baru kepada masyarakat Indonesia. Ertiga dengan AC Double Blower mengawali peluncuran produk Suzuki di tahun 2013, pada bulan Januari.

Animo dan respons positif keluarga Indonesia terhadap Suzuki Ertiga membuat Suzuki kembali melakukan peningkatan kualitas untuk mobil ini. Sebagai hasilnya, pada bulan Mei, Suzuki meluncurkan Ertiga bertransimisi Automatic (A/T), dan bulan September diluncurkan Suzuki Ertiga Elegant.

Pada segmen city car, Suzuki meluncurkan Splash Matic pada bulan April. Kemudian disusul flagship produk Suzuki pada segmen Hatchback, Swift Sport, yang diperkenalkan kepada publik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang berlangsung bulan September. Sebagai penutup, pada tanggal 11 November, sejalan dengan program KBH2 yang diresmikan pemerintah, Suzuki meluncurkan Karimun Wagon R sebagai mobil SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable) yang diperuntukkan bagi keluarga modern Indonesia.

Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Dealer

Untuk mendukung penjualan produk-produk Suzuki, SIS telah melakukan peningkatan kualitas dan pengembangan jaringan dealer di seluruh Indonesia. Suzuki berhasil menambah jumlah dealer sebanyak 32 dari target awal sebesar 25 dealer. Dengan pengembangan dealer tersebut, maka hingga bulan November, Suzuki telah memiliki 50 dealer dan 254 outlet, di mana 144 outlet dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Spare parts) dan 110 outlet fasilitas 1S (Sales).

Peningkatan kualitas juga dilakukan pada layanan purna jual, yakni dengan tersedianya layanan Express Maintenance di Bengkel Resmi (BeRes) Suzuki. Express Maintenance merupakan layanan servis dengan waktu pengerjaan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan servis regular.

Peningkatan kualitas dealer dan layanan purna jual Suzuki berhasil meningkatkan indeks kepuasaan pelanggan. Berdasarkan survei JD Power, Sales Satisfaction Index (SSI) Suzuki meningkat sejak tahun 2011. Pada tahun 2013, indeks SSI Suzuki berada pada peringkat tiga dengan skor 781, meningkat dibandingkan tahun 2011 yang berada pada peringkat enam dengan skor 764. Dengan demikian, Customer Satisfaction Improvement sudah menuju ke arah kepuasan dan ekspektasi pelanggan.

suzuki data 2

Program Pemasaran dan Penjualan

Di tahun 2013, SIS mengeluarkan berbagai program penjualan menarik yang menarik, diantaranya program ERTIGA JUARA (keJUtan luAR biasA) dan program Suzuki Ertiga New Family Excitest Drive. Kedua program tersebut menawarkan hadiah menarik berupa perangkat canggih hingga mobil Ertiga bagi para konsumen yang beruntung.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan calon konsumen, SIS juga menyelenggarakan event akbar roda empat “Pesta Otomotif Mobil Suzuki (POMS),” yang memadukan unsur otomotif, komunitas, penjualan, dan hiburan musik dalam satu wadah acara. Tidak hanya itu, perusahaan juga mengadakan Pesta Ertiga dan Pesta Keluarga Ertiga untuk memuaskan calon konsumen dan konsumen Ertiga.

Catatan Penghargaan Suzuki

Kualitas produk-produk Suzuki terbukti dan diapresiasi secara luas yang dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan untuk produk roda empat Suzuki, seperti Suzuki Ertiga meraih predikat sebagai ‘Car of the Year 2013’ dari Tabloid Otomotif, dan penghargaan sebagai ‘Best Small MVP’ dan ‘Best Fuel Efficiency’ dari Mobil Motor Indonesian Car of the Year 2013.

Pada segmen Hatchback, Suzuki Swift meraih penghargaan ‘Best Compact Hatchback’ di ajang Auto Bild Award 2013. Karimun Wagon R sebagai produk pendatang terbaru turut mendapatkan pengakuan sebagai ‘New Wave Clarification Award 2013’ dari Majalah Marketeers.

Rencana Tahun 2014

Untuk tahun 2014, Suzuki akan menetapkan target penjualan secara pangsa pasar nasional sebesar 16,7%. Untuk mencapai target itu, Suzuki telah menyiapkan strategi penjualan dan program menarik lainnya. Selain itu, Suzuki juga akan terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik penjualan dan purna jual demi kenyamanan konsumen dan calon konsumen.

Suzuki Year End Media Gathering Davy J Tuilan selaku 4W Marketing & DND Director SIS, di Jakarta, pekan lalu, mengatakan, “Untuk menjawab permintaan konsumen Indonesia, Suzuki telah menyiapkan program-program strategis untuk tahun 2014. Kami berfokus pada peningkatan kualitas layanan kepada calon konsumen dan konsumen Suzuki, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.”

Menanggapi berbagai rencana untuk tahun 2014, Seiji Itayama selaku 4W Managing Director SIS, berujar, “Tantangan pada tahun 2014 tidaklah mudah. Akan tetapi, kami yakin dengan berbagai dukungan yang kami terima dari masyarakat dan rekan media, kami optimistis dapat menghadapi berbagai yang menghadang, baik situasi ekonomi, kondisi politik yang tidak menentu, dan ketatnya persaingan industri roda empat.” (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved