2016 Bank Permata Targetkan Pengguna Virtual Account Tumbuh 80 %

Pengguna virtual account (VA) Bank Permata sepanjang periode Januari – September 2015 bertumbuh sebesar 76 %. Indra Gunawan, Head of E-Channel Bank Permata, mengungkapkan, pihaknya menargetkan pertumbuhan VA pada tahun 2016 mencapi 80 %. Saat ini pengguna VA memang masih lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna ATM. Sejak tiga tahun terakhir pengguna VA Bank Permata mulai didominasi para pelaku UMKM yang berjualan lewat online alias e-commerce. “Mereka yang bisnisnya mulai besar transaksinya, memilih menggunakan VA karena memudahkan rekonsiliasi antara si pembeli dan penjual,” ujar Indra.

E- banking

Sebelumnya, para pelaku e-commerce itu menggunakan sistem pembayaran dengan cara transfer melalui bank atau ATM. Cara tersebut mengharuskan mereka mengecek dan mencocokkan sendiri semua detail pembayaran seperti nomor invoice, nama pengirim, nomor rekening, jumlah uang yang dikirimkan. Setelah berpindah menggunakan VA, kini mereka sudah lebih mudah karena semua detail transaksi otomatis sudah direkam didalam VAnya.

“VA ini sangat prospektif karena berkontribusi cukup besar terhadap dana pihak ketiga kami,” ujar Indra. Salah satu layanan VA Bank Permata yang cukup banyak digunakan adalah e-walet seperti BBM Money. Untuk meningkatkan penggunaan e-walet ini, menuurt Indra, di akhir tahun ini pihaknya akan melakukan sejumlah improving agar pengguna semakin mudah dan aman menggunakan layanan tersebut.

“Pelanggan jadi lebih mudah menggunakan layanan kami sehingga mereka bisa bergeser dari ATM ke transaksi lainnya,” jelasnya. Nantinya semua layanan e-banking Bank Permata akan diubah sistem aplikasinya menjadi lebih sederhana, mudah dan aman. Notifikasi real time akan dikirmkan lewat email pengguna, senggi mereka bisa memonitor setiap transaksi yang terjadi saat itu juga.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini improving mulai jalan, sehingga kuartal I tahun 2016 sudah bisa dinikmati oleh pengguna kami, “ ujar Indra. Menurutya saat ini pihaknya masih melakukan beberap aligment strategic dengan divis teknologi informasi internal Bank Permata. “Semua akan kami bangun dengan menggunakan sumber daya IT internal kami sendiri, sehingga tidak ada invetasi khusus untuk ini,” jelasnya.

Mengingat pengguna terbanyak dari VA adalah para pelaku e-commerce skala UMKM maka pihak Bank Permata menargetkan akan menambah 10 e-commerce pengguna VA setiap bulan. “Tetapi karena rata-rata mereka bisnisnya mudah berkembang tetapi mudah layu, maka akan kami seleksi yang propeknya bagus untuk jangka panjang,” ujar Indra. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)