48 Bank Raih Indonesia Best Banking Award 2016

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja bank yang memiliki reputasi baik di mata nasabah, baik kreditur maupun debitur dalam hal layanan dan produk perbankan, Warta Ekonomi memberikan penghargaan Indonesia Best Banking Award 2016.

wartek-banking

Head Departement Of Bank Supervision 2 , Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , Aria Stiadi (kiri) menerima cinderamata yang diserahkan oleh Editor in Chief of Warta Ekonomi , Muhamad Ihsan (kanan) , di sela sela ajang penghargaan “Indonesia Best Banking Award 2016

Menurut Muhammad Ikhsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pelaku industri perbankan untuk terus mempunyai reputasi yang baik. "Bank penerima penghargaan dipilih karena reputasinya, brand yang telah terjaga dan terbentuk selama ini. Itu dasar penilaian kami selain survei dan wawancara mendalam yang dilakukan,” jelas Ikhsan.

Untuk mendapatkan pemenang, panitia melakukan penelusuran menggunakan metode desk research pada laporan tahunan dan pantauan tim riset atas reputasi yang telah didapatkan bank.

"Hasil desk research sebagai riset kualitatif inilah kemudian menjadi bahan awal untuk riset kuantitatif selanjutnya. Kriteria-kriteria yang digali dalam desk research yaitu perjalanan sejarah bank, kinerja operasional bank, teknologi digital bank, reputasi produk dan layanan serta strategi dilakukan bank dalam usahanya meningkatkan reputasi pada tahun 2015 hingga 2016," Ikhsan menguraikan.

Guna mendapatkan kandidat bank terpilih sebagai pemenang, Warta Ekonomi melakukan serangkaian kegiatan riset kuantitatif pada 14–25 November 2016 dengan 1.800 responden. Mereka diwawancarai secara mendalam dengan kriteria umur, pendapatan, pendidikan dan pekerjaannya melalui SES ABC, berusia 20–50 tahun, memiliki produk perbankan, dan pernah merasakan layanan perbankan.

Dari hasil desk research diperoleh kandidat bank pemenang Indonesia Best Banking Brand Award 2016, kemudian diuji lebih lanjut ke responden, nasabah dari bank-bank terpilih. Pengujian kepada responden melalui wawancara telepon dan wawancara tatap muka.

Tujuan pengujian kepada responden ini untuk mengetahui skor masing-masing bank, sehingga akhirnya ditentukan bank pilihan nasabah masing-masing kategori penghargaan. Setelah skor masing-masing bank dinilai, didapatkan 48 bank pilihan nasabah dengan skor tertinggi pada masing-masing kategori bank dan penghargaan, serta 15 bank pemenang Special Mention.

Adapun 4 bank penerima penghargaan antara lain: BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, BCA, CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank Bukopin, Bank Panin, Bank Mega, Bank UOB Buana, Nobu Bank, Bank OCBC NISP, Bank Permata, BTPN, Bank Jasa Jakarta, Bank Jatim, BJB, Bank Riau Kepri dan Bank DKI.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)