ABAC Indonesia Wakili APEC 2013

APEC Business Advisory Council (ABAC) menyelenggarakan ABAC Business Luncheon dengan beberapa asosiasi bisnis di Indonesia, di antaranya KADIN, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan beberapa kamar dagang internasional lainnya.

Kesempatan menjadi tuan rumah APEC 2013 menjadikan Indonesia sebagai sorotan di kancah regional untuk menjadi penggerak ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dipertegas oleh Wishnu Wardhana, ABAC Chair 2013 dan APEC CEO Summit 2013 Chair, (16/05), “Saat ini Indonesia menduduki peringkat 16 sebagai ekonomi terbesar di dunia, dengan pertumbuhan ekonomi lebih dari 6%, dimana 53% penduduk kotanya berkontribusi dalam 74% GDP.

Memanfaatkan momentum ini, ABAC Indonesia, memposisikan diri sebagai dewan penasehat kalangan bisnis asal Indonesia yang berada di bawah naungan APEC. Organisasi ini didirikan oleh APEC sejak 1995, yang berfungsi sebagai ‘direct channel’ antara sektor bisnis dan pemerintah-pemerintah Ekonomi APEC. ABAC didirikan atas pertimbangan bahwa kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah-pemerintah Ekonomi APEC berdampak pada isu-isu bisnis yang luas, antara lain terkait liberalisasi perdagangan dan investasi, ketenagakerjaan, akses terhadap modal, kemudahan dalam melakukan bisnis infratruktur, ketahanan pangan dan energi.

“Tanggung jawab utama kami adalah berdialog dengan 20 Ekonomi APEC lainnya guna mencapai konsensus untuk langkah ke depan. Respon dan dukungan yang kami dapatkan dari APEC Leaders dan para ABAC Members selama ini menunjukkan proses advisory yang kami lakukan berjalan dengan baik. Hal-hal yang tercakup dalam rekomendasi kami antara lain dukungan terhadap sistem perdagangan multilateral, meneruskan capaian dalam Bogor Goals, dan mempromosikan konektivitas”, ujar Wishnu.

Meskipun demikian, Wisnhu menambahkan bahwa tanggung jawab terpenting dalam konteks keketuaan Indonesia di APEC adalah Indonesia harus menjadi ‘champion’ dari isu-isu yang sudah diusulkan tidak hanya tahun ini, tetapi juga di masa yang akan mendatang.

Dalam menggodok rekomendasinya, ABAC melakukan pertemuan empat kali dalam setahun. Kegiatan ini akan bermuara pada puncaknya dalam ABAC Dialogue with Leaders dan APEC CEO Summit yang akan diadakan pada 5-7 Oktober mendatang di Bali. Forum ini akan menjadi ajang diskusi sekitar 1.100 pemimpin bisnis di kawasan Asia Pasifik dengan para pimpinan ekonomi APEC dengan tema “Towards Resilience and Growth: Reshaping Priorities for Global Economy”. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)