Abdulgani: Transformasi Merupakan Tanggungjawab CEO

Upaya besar-besaran yang dilakukan korporasi untuk menyibak masa gelap sekaligus menjemput masa terangnya dalam rangka meraih kejayaan adalah satu dari sekian pengertian transformasi. Ada beberapa prasyarat atau prakondisi yang menyebabkan perusahaan harus menjelma layaknya seorang transformer. Setidaknya itulah yang dikatakan Abdulgani, Mantan Presiden Direktur Garuda yang juga berpartisipasi sebagai juri dalam Indonesia’s Best Practice in Corporate Transformation (IBPCT) 2013 hasil kerja sama SWA dan Win Solutions.

Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses transformasi. Tidak hanya mengubah sesuatu atau meningkatkan kinerja yang kurang, tapi ada elemen pokok lainnya yang membedakan transformasi dengan improvement atau problem solving. Apa sajakah itu? Bertempat di kediamannya yang bernuansa Jawa di bilangan Pondok Indah, sosok di balik suksesnya maskapaiGaruda Indonesia setelah mengalami kesulitan di zaman Orde Baru ini berbagi wisdom kepada Gustyanita Pratiwi:

Abdul Gani

Mengapa perusahaan harus bertransformasi?

Ada tiga kondisi mengapa perusahaan harus melakukan transformasi. Pertama, karena bisnisnya sudah ambruk. Misalnya, waktu saya di Garuda yang beberapa tahun sebelumnya memang merugi terus. Sudah banyak masalah di sana. Jadi orientasinya adalah bagaimana membenahi perusahaan yang sudah rusak itu agar bisa berjalan normal kembali.

Kedua, pada dasarnya lingkungan bisnis itu selalu berubah. Akibatnya, perusahaan harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Baik perekonomian, teknologi, pendapatan masyarakat, selera dan kondisi pasar (kompetisinya), semuanya berubah. Jadi apa yang sekarang kita lakukan belum tentu sesuai dengan yang harusnya terjadi di lapangan sehingga bisnis kita tidak mampu menyesuaikan.

Ketiga, ada perusahaan yang lebih antisipatif. Walaupun sekarang dia tidak apa-apa, perusahaannya oke atau berkembang dengan baik, tapi dia punya visi bahwa akan terjadi perubahan di depan. Oleh sebab itu, dari sekarang dia sudah harus mempersiapkan diri untuk menghadapi apa yang terjadi ke depan. Maka, perusahaan-perusahaan yang melakukan perubahan itu disebut melakukan transformasi.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)