Adira Campus Cetak 23 Manajer

Adira Insurance menerapkan manajemen berbasis kompetensi. Untuk mencapai hal tersebut, ada dua strategi yang dijalankan, yakni strategi bisnis dan strategi sumber daya manusia. Adira Campus berdiri untuk menjawab kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan.

“Sejak 2013, sudah ada 837 training yang diikuti oleh 13.209 peserta. Program MT sudah mencetak 23 manajer, program Offcer Development Training telah mencetak 2 supervisor, dan dari Adira Insurance Continuous Star, ada 9 manager yang mendapatakan promosi jabatan,” kata Sarah Yohana Fitranie, HR Development Head Adira Insurance.

call center resize Adira

Menurut dia, Adira Campus berdisi sejak 2012 meskipun perjalanan menuju ke sana telah dimulai setahun sebelumnya. Ini terlihat dari adanya beberapa program yang sudah dijalankan, yakni e-learning, light inspiration for employee, dan corporate culture workshop.

“Soft launching di 2012 meski saat itu belum ada kampus secara fisik. Tapi, sudah ada frame work, kurikulum, dan modul-modul. Tahun 2013, Adira Campus baru punya ruang training sendiri setelah Adira Insurance pindah kantor,” ujar dia.

Pada 2013, Adira Campus membentuk knowledge management portal dan meluncurkan A-Camp. Di tahun berikutnya, Adira Campus memiliki 2 program yaitu Adira library yang digabung dengan knowledge management portal, sehingga karyawan bisa meminjam buku secara online.

“Satu lagi adalah program Adira mengajar. Ini ditujukan untuk karyawan yang ingin mengajar untuk berbagi cerita atau telah menyelesaikan training. Pada 2015, Adira Campus memiliki e-learning modul. Di tahun berikutnya, kami meng-upgrade learning management system,” kata dia.

Sarah menjelaskan, Adira Campus memiliki training framework yang disusun berdasarkan kompetensi dan posisi di level yang berbeda-beda. Beberapa programnya adalah personal excellence development program, leadership excellence development program yang khusus untuk para leader dan technical excellence development program untuk masing-masing fungsi.

“Kemudian ada adira excellence program, yakni pelatihan untuk menuju tujuan perusahaan. Untuk karyawan baru, ada management trainee dan new employee orientation program,” kata dia.

Implementasi training di Adira Campus terbagi dua yakni virtual training dan face to face training. Untuk virtual training programnya adalah e-learning dan knowledge management portal. Karyawan dapat mengakses bahan training di laptopnya masing-masing, memilih modul yang ingin diikuti dan memulai pembelajaran.

“Nanti, ada kuis dan juga video interaktif di modul tersebut. Untuk face to face traing, programnya adalah on the job traning, life dan in house training dan adira mengajar,” kata dia. (Reportase: Maria Hudaibyah Azzahra)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)