Ajang Pameran Ritel Terbesar Digelar di Jerman

Sektor ritel merupakan salah satu bisnis yang  masih sangat menarik untuk terus maju. Tapi rupanya bisnis ritel secara global menghadapi tantangan besar karena adanya perubahan perlikau konsumen. Tak bisa dipungkuri konsumen yang semakin cerdas dan melek terhadap teknologi menjadi suatu tantangan tersedendiri bagi pemain bisnis ritel. Terlebih lagi dengan bertamabahnya bisnis e-commerce di Indonesia.

Press Conference EuroShop 2014 Press Conference EuroShop 2014

Seperti yang diungkapakan oleh Pudjianto, Ketua Umum Aprindo, dalam 5 tahun terakhir terdapat pertumbuhan yang baik, bahkan untuk FMCG dalam 5 tahun kebelakang selalu mengalami pertumbuhan doubel digit. “Ini didorong dengan perekonomian Indonesia yang terbilang masih bagus dan mungkin saja dalam lima tahun ke depan e-commerce akan juga ikut bertumbuh,” ujarnya.

Perubahan perlikau konsumen ini bisa disiasati dengan membuat desain toko yang lebih atraktif. Para pelaku industri retail dapat memanfaatkan event besar EurosShop yang akan diadakan tahun depan di Duesseldorf, Jerman. Perubahan perilaku membeli para konsumen dan meningkatnya kepentingan secara online menghadirkan konsekuensi yang luar biasa pada desain tempat jual produk ritel.

“Pada banyak sektor di masa depan pembeli akan memcari kelebihan apa membeli produk langsung di tokonya. Pada saat yang bersamaan, konsultasim pelayanan, dan interaksi langsung dengan konsumen menjadi pembeda penting dari membeli barang melalui situs online,” jelas Ulrich Spaan, SCP EHI Retail Institute Cologne, Germany.

Pameran yang akan digelar tahun depan depan pelaku ritel dapat melihat dan mencoba berbagai teknologi yang dapat meningkatkan nilai pada toko. Sehingga pembeli tetap tertarik untuk belanja langsung ke toko. EuroShop tahun depan akan dilangsungkan di ruang pameran seluas 110775 m2 yang tentu saja akan membawa lebih banyak exhibitor di bidang ritel.

Direktur PT Wahana Kemalaniaga sebagai representative dari Dusseldorf and Brno Trade Fairs, Rini Sumardi menyamapikan tahun depan ada satu exhibitor berasal dari Jakarta. Selain itu ia juga menambahkan menargetkan lebih dari 100 pengunjung akan ikut dalam eksebisi ini. EuroShop tahun depan juga akan diselenggarakan secara bersamaan dengan Retail Design Conference.

“EuroShop 2014 adalah tempat di mana konsep desain toko dapat dibahas dalam dialog langsung, di mana solusi ritel dapat dirasakann lebih dekat,” jelas Elke Moebius, Director EuroShop, Messe Dusseldorf GmbH, penyelenggara EuroShop. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)