Akselerasi Proyek MRT, Lalu Lintas di Beberapa Jalan Dibatasi

Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta terus menunjukkan kemajuan. “Tahun 2017 ini adalah masa akselerasi proyek. Jadi Maret 2019 sudah bisa beroperasi,” ujar William Sabandar , Presiden Direktur MRT. Terhitung 31 Desember 2016, pembangunan fase I ini sudah selesai sekitar 62,22 persen. Korporasi menargetkan per Januari 2017 sudah sekitar 64-65 persen selesai untuk pembangunan konstruksi fisik.

Sebagai upaya percepatan penyelesaian proyek MRT Jakarta, pada pembangunan koridor struktur layang MRT di ruas Jl. RS. Fatmawati – Jl. Panglima Polim Raya – Jl. Sisingamangaraja, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas. Caranya, pembatasan lalu lintas dan pengurangan lajur kendaraan di beberapa titik bagi lajur kendaraan pribadi untuk sementara waktu mulai awal Februari 2017 hingga akhir Agustus 2017.

MRT Jakarta (Doc.PT MRT)

Pengurangan jumlah lajur kendaraan ini diberlakukan seiring dengan kebutuhan akan adanya penambahan area kerja yang lebih luas dari saat ini yang merupakan dampak dari percepatan yang akan dilakukan oleh MRT Jakarta dalam bentuk pengerjaan paralel di sisi barat, tengah, dan timur stasiun.

Beberapa tahapan pekerjaan akan semakin intensif dilakukan di sejumlah area stasiun. Adapun pekerjaan konstruksi yang dimaksud yaitu pekerjaan piling dan substruktur sisi timur dan barat, pekerjaan pemasangan gelagar jalur layang (girder), pekerjaan lantai concourse stasiun, dan pekerjaan struktur atas stasiun.

Berkaitan dengan pelaksanaan pengurangan lajur kendaraan ini, PT MRT Jakarta berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya, pihak Walikota Jakarta Selatan serta kecamatan dan kelurahan untuk mempersiapkan pengalihan lalu lintas di area-area yang terdampak. Dengan ini diinformasikan pula bahwa tidak diberlakukan penutupan jalan di ruas jalan ini, melainkan pengaturan dan pembatasan lalu lintas.

Pada area konstruksi stasiun layang MRT, akses jalan tetap disediakan kepada pemilik maupun pengunjung gedung/ruko di sekitar area ini serta angkutan umum yang beroperasi di sepanjang Jl. RS. Fatmawati – Jl. Panglima Polim Raya – Jl. Sisingamangaraja. Untuk memastikan pelayanan tetap berjalan seperti biasa kepada para pengguna angkutan umum, semua angkutan umum yang beroperasi di ruas jalan tersebut tetap beroperasi sesuai trayek normal.

Bagi pengguna kendaraan pribadi yang ingin menuju Jl. Panglima Polim Raya dari arah selatan dapat menggunakan rute Jl. Pangeran Antasari menuju ke Jl. Abdul Majid Raya atau rute Jl. Metro Pondok Indah menuju ke Jl. Haji Nawi. Bagi yang ingin menuju persimpangan Fatmawati dari sisi utara dapat menggunakan rute Jl. Pangeran Antasari menuju ke Jl. Cipete Raya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)