Akuisisi Mido Uniforms, Trisula Targetkan Penjualan Rp 830 Miliar

Kendati kondisi perekonomian nasional tahun ini kurang membaik dan diwarnai pesta demokrasi Pemilu 2014, tapi PT Trisula Internasional Tbk tetap optimistis. Perusahaan ritel fashion ini mematok target penjualan tahun 2014 sebesar Rp 830 miliar atau naik 24% dibandingkan pencapaian penjualan tahun lalu sebesar Rp 670 miliar. Tidak tanggung-tanggung, laba bersih pun ditargetkan mencapai Rp 34,6 miliar atau meningkat 13% dibandingkan realisasi Rp 31,1 miliar pada 2013 lalu.

Dari mana kontribusi penjualan terbesar Trisula? “Kenaikan penjualan tahun ini masih di topang penjualan ritel domestik. Selain itu, kami akan mengakuisisi Mido Uniform Pte.Ltd., perusahaan terafiliasi sebagai perusahaan yang memiliki banyak portofolio pada segmen perusahaan. Melalui aksi korporasi ini penjualan dan laba bersih Trisula juga dapat meningkat,” jelas Lisa Tjahjadi, Presiden Direktur PT Trisula Internasional Tbk, usai RUPS di Jakarta .

Trisula-Direksi

Lisa memprediksikan, akuisisi Mido Uniforms bakal tuntas pada kuartal II tahun 2014 dengan nilai investasi sekitar Rp 22,9 miliar. Sumber pendanaan berasal dari pinjaman bank dan kas internal. Setidaknya akuisisi ini diharapkan menyokong pertumbuhan penjualan bersih sebesar 6% untuk pertumbuhan organik Trisula. Maklum, hingga sekarang Mido Uniform sendiri sudah memasarkan produknya ke Singapura dan Macau di berbagai sektor, semisal instansi pemerintah, perbankan, hotel dan resot, rumah sakit, plus penerbangan.

Tidak hanya melalui akuisisi, guna mendongkrak target penjualan 2014, Trisula juga berencana menambah brand baru dan outlet anyar. Hanya saja, untuk penambahan gerai masih akan dikaji lokasi yang tepat. Yang jelas, sampai kini Trisula sudah memiliki 47 outlet sebagai titik penjualan. “Untuk memenuhi target penjualan tahun ini, kami masih agresif membuka pasar ekspor baru, khususnya di Asia Pasifik. Contoh tahun ini akan ekspansi ke Skandinavia,” dia menambahkan.

Hasil RUPS juga memutuskan, Trisula akan membagikan dividen sebesar Rp 9,5 per saham dari perolehan laba bersih tahun 2013 sebesar Rp 32,1 miliar.

Kinerja keuangan Trisula tahun 2013 juga ciamik lantaran mampu meningkatkan penjualan bersih sebesar 20% menjadi Rp 670 miliar dari tahun 2012 sebesar Rp 558 miliar. Dari total penjualan bersih tersebut, sebesar Rp 128 miliar atau 19% disumbang dari penjualan ritel domestik dan sisanya penjualan ekspor.

 Lisa Tjahjadi, Presiden Direktur PT Trisula Internasional Tbk Lisa Tjahjadi, Presiden Direktur PT Trisula Internasional Tbk

Selama tahun 2012 total penjualan domestik Trisula sebesar Rp 76 miliar dan tahun 2013 naik menjadi Rp 128 miliar. Pertumbuhan penjualan domestik didorong oleh pertumbuhan point of sales menjadi 276 titik dari 230 titik pada tahun 2012; peningkatan net produktivitas daro Rp 1,5 juta/meter2 pada 2012 menjadi Rp 1,8 juta/meter2 tahun 2013; serta pertumbuhan penjualan dari outlet yang sama sebesar 7,2%.

Kombinasi pertumbuhan pasar ekspor dan domestk pada akhirnya mendorong peningkatan laba bersih komprehensif sebesar 27% dari Rp 37 miliar menjadi Rp 48 miliar. Total aset Trisula per 31 Desember 2013 tercatat Rp 449 miliar, total liabilitas Rp 167 miliar dan total ekuitas Rp 282 miliar. Ada pun total return on asset mencapai 10,70% dan return on equity sebesar 17,07%.

Bagaimana dengan pertumbuhan penjualan ritel? Penjualan ritel Trisula melonjak 66% dan penjualan ekspor bertumbuh sebesar 16% pada tahun 2013.

Manajemen Trisula optimistis akan prospek bisnis ritel, khususnya garmen seiring dengan perkembangan kelas menengah yang trennya meningkat. Hal ini diperkuat dengan kenaikan pendapatan masyarakat dan kepercayaan konsumen yang terus tinggi, sehingga mendongkrak pertumbuhan pasar dalam negeri. Sekadar informasi Trisula yang didirikan tahun 1994 adalah produsen pakaian jadi dengan berbagai merek, seperti celana JOBB, t-shirt Jack Nicklaus, UniAsia, Man Club, G2000 dan BONDS. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)