Akuisisi Pemara, Constantia Flexibles Group Makin Kuat di Asteng

Suasana salah satu pabrik CFG di Eropa Suasana salah satu pabrik CFG di Eropa

Dalam beberapa industri, bahan kemasan dan label tidak bisa dipisahkan. Kebutuhan akan bahan ini sangat tinggi di dunia. Seiring berkembangnya produk dan kategori baru di berbagai industri. Constantia Flexibles Group (CFG) adalah salah satu perusahaan dunia yang serius menggarap ini. Ini terlihat dari aksi akusisinya dalam 2-3 tahun terakhir. Bahkan di saat kondisi bisnis global sedang lesu seperti saat ini, ada dua perusahaan yang diakusisi CFG.

Perusahaan yang berkantor pusat di Vienna ini, saat ini memiliki 3.000 pelanggan di seluruh dunia. Dalam upayanya memperkuat posisi pasarnya di Asia Tenggara, CFG baru saja mengakuisisi Pemara Labels Group. Perusahaan berbasis di Melbourne, Australia ini, didirikan pada 1966 ini memproduksi self-adhesive labels (label yang sensitif terhadap tekanan), in-mould labels dan label leaflet Fix-a-Form ™. Pemara juga dikenal sebagai yang terdepan untuk urusan solusi cetak digital (digital print solutions). Selain itu, Pemara adalah pemasok untuk perusahaan nasional dan multinasional di industri consumer goods (FMCG), farmasi dan juga sektor makanan dan minuman (F&B) di seluruh wilayah Asia Pasifik.

“Dengan pengalaman manajerial  ditambah dengan keunggulan teknologi dan pengalaman selama lebih dari 20 tahun di Asia, Pemara adalah penambahan yang sangat bagus untuk Constantia Flexibles,” ujar Mike Henry, Executive Vice President and Head of Label Division CFG.

Ia menegaskan bahwa akuisisi ini dapat memperluas pasar CFG di pasar Asteng, sehingga bisa menyokong pelanggan multinasional CFG dengan ekspansi global mereka. Ia menyebut pihaknya terus meningkatkan posisi pasarnya di pasar home and personal care (HPC).

Pemara yang berasal dari sektor swasta ini telah sukses mencapai angka penjualan sekitar 30 juta euro di tahun keuangan yang berakhir di Juni 2015 dan saat ini mempekerjakan lebih dari 300 karyawan. Mike melihat pentingnya akusisi ini karena salah satu pabrik Pemara ada di Indonesia. Selain itu ada tiga pabrik lainnya yaitu di Australia, Malaysia, Vietnam, ditambah dengan kantor penjualan di Sydney (Australia) dan Manila (Filipina).

“Kami sudah lama mencari partner global yang kuat dan kami percaya bahwa kami sudah menemukan ‘pasangan’ yang sesuai dengan Divisi Label Constantia Flexibles,” kata Andrew McNamara, Group Managing Director Pemara.

Divisi Label Constantia Flexibles adalah produsen label terbesar keempat yang menyuplai ke industri makanan, minuman, dan perawatan pribadi (personal care). Divisi Label ini menghasilkan pendapatan tahunan senilai lebih dari 500 juta euro dan menyuplai ke lebih dari 1.000 pelanggan global, termasuk perusahaan-perusahaan multinasional dan pemimpin pasar lokal. Divisi Label Constantia Flexibles mengoperasikan 19 fasilitas produksi di empat benua dan memiliki lebih dari 2.000 karyawan yang berfokus untuk menyediakan solusi pelabelan yang inovatif.

Pemara adalah akuisisi kedua yang dilakukan Constantia Flexibles di tahun 2015. Sebelumnya, Constantia Flexibles juga mengakuisisi Afripack di Afrika Selatan dan seluruh proses diharapkan rampung dalam waktu beberapa minggu ke depan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)