Alumindo Patok Ekspor Tumbuh 20%

PT Alumindo Light Metal Industry Tbk (Alumindo) menargetkan nilai ekspor tahun ini tumbuh 15-20% menjadi US$ 204,70-213,60 juta dari tahun sebelumnya US$ 177,90 juta.

Selain menjaga kualitas, Alumindo juga menerapkan strategi jemput bola dengan mendatangi langsung pembeli potensial. Alumindo merupakan perusahan manufaktur alumunium di Asia Tenggara dengan produk berupa coil, lembaran alumunium (sheet), roofing, foil, dan tread plate.

Pasar ekspor Alumindo adalah Amerika Utara, Kanada, Asia, Eropa, Australia, New Zealand, Timur Tengah, dan Afrika. Pada 2014, total penjualan US$ 265,60 juta dengan ekspor US$181,10 juta. Pada 2015, total penjualan US$ 248,70 juta dengan total ekspor US$ 177,90 juta.

djunaedi-tjoemarketing-director-pt-alumindo-light-metal-industry-jpg Soefianto Djunedi Tjoe, Direktur Pemasaran Alumindo

 

Menurut Soefianto Djunedi Tjoe, Direktur Pemasaran Alumindo, saat ini permintaan domestik menurun, karena itu mau tak mau Alumindo harus menggenjot ekspor. Karena itulah, pada 2015 porsi ekspor digenjot hingga mencapai 72% dari total produksi.

Alumindo mulai melakukan ekspor sejak 1998 dan kian agresif di tahun berikutnya. Hingga, pada 2001, mereka meraih penghargaan Primaniyartha. "Tahun ini, ekspor akan naik 15-20%. Mayoritas adalah plat dan coil," kata dia.

Saat ini, terdapat beberapa negara tujuan ekspor yang berupaya menurunkan permintaan karena tergoda tawaran harga murah. Namun, Alumindo melakukan pendekatan kualitas agar buyer tersebut tidak berpaling. Alumindo juga agresif mencari para pembeli potensial dengan melakukan jemput bola, berkunjung langsung ke pabrik atau perusahaan mereka.

"Kalau pameran kami tidak lakukan, karena kami tidak produksi barang jadi, kami menyediakan bahan baku untuk pabrik lain. Kami ke AS, mendatangi daerah-daerah yang berpotensi, juga ke Eropa, langsung ke perusahaanya. Untuk buka cabang belum, karena biayanya tinggi, kami andalkan distributor," jelas Soefianto. (Reportase: Aulia Dhetira)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)