Ambisi Indofarma Menjadi One Stop Shopping Generic

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara di bidang farmasi, PT Indofarma (Persero) Tbk, berniat menghadirkan obat dengan harga terjangkau (generik) bagi masyarakat secara lengkap. Perusahaan menyebutnya dirinya akan berusaha menjadi one-stop shopping generic. Artinya, Indofarma menjadi penyedia beragam obat generik dari a hingga z.

Elfiano Rizaldi, Direktur Utama Indofarma

Sekarang ini, Indofarma lagi menjajaki peluang untuk memproduksi produk onkologi, yakni obat kanker, dan produk serum darah, yaitu albumin, secara generik. “Kami akan bekerja sama secara tripartit untuk produk darah (albumin)," terang Elfiano Rizaldi, Direktur Utama Indofarma, di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Elfiano mengatakan, albumin sampai sekarang masih diimpor. Belum ada yang memproduksi di dalam negeri. Alhasil, harganya pun terbilang mahal. Padahal, penggunaan produk ini juga cukup besar. Biasanya, protein dalam darah ini banyak digunakan oleh pasien-pasien yang sedang kritis ataupun operasi. Dia pun mengatakan, “Albumin ini, setahun, kebutuhan pemakaian mungkin lebih dari Rp 100 miliar.”

Oleh sebab itu, Indofarma berkeinginan memproduksi albumin di Tanah Air. “Produk albumin sangat prospektif kalau bisa diproduksi di Indonesia," kata dia. Untuk membuat produk ini, Indofarma melakukan penjajakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan pihak swasta.

Selain albumin, perseroan juga berniat menghadirkan obat kanker generik. Maklum, harga obat ini cukup mahal, dan permintaannya juga terus naik. Konsumsinya dalam setahun, kata Elfiano, bisa lebih dari Rp 1 triliun. “Tren permintaannya jauh lebih tinggi, karena pola hidup, lingkungan," ujarnya. Akan tetapi, dia berujar, “Obat kanker di Indonesia sayangnya sampai sekarang belum ada yang generik."

"Tahun ini kami sudah mulai jajaki kerja sama dengan produsen obat kanker di luar negeri," pungkas Elfiano. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)