Anak Usaha IPC Resmikan Billing Center

Anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) meresmikan Billing Center yang berlokasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

"Billing Center adalah fasilitas yang disediakan PTP sebagai lokasi pelayanan administrasi sekaligus pembayaran jasa kepelabuhanan yang dilengkapi dengan sistem terintegrasi dan terpusat di satu area," kata Saptono R.Irianto, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang meresmikan fasilitas tersebut.

Selaras dengan penerapan program Integrated Billing System (IBS) yang digagas Kementerian BUMN, Billing Center adalah bentuk upaya korporasi untuk mengintegrasikan sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang terpusat di satu lokasi pelayanan administrasi untuk proses penotaan jasa kepelabuhanan khususnya bongkar muat dan receiving/delivery yang dijalankan secara terpadu, online, dan non tunai (cashless) sehingga tercipta sistem pelayanan yang terpadu dan efisien.

"Diresmikannya fasilitas Billing Center di Pelabuhan Tanjung Priok selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan transaksi, juga untuk mempermudah pembayaran jasa kepelabuhan dengan penerapan sistem pembayaran non tunai ," kata Saptono dalam keterangan tertulisnya.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di tahun 2016 antara IPC dengan enam bank, tiga bank BUMN dan tiga bank swasta tentang penyediaan dan pemanfaatan cash management.

Proses pembayaran pada Billing Center dilakukan dengan menerapkan sistem pembayaran non-tunaiĀ  melalui penggunaan kartu debit EDC (Electronic Data Capture) dari bank-bank yang bekerja sama dengan PTP yaitu, Bank Mandiri, BNI, BCA, dan CIM Niaga.

Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan melalui transfer online via ATM. Sistem cashless tersebut telah memberikan dampak positif bagi pengguna jasa, yaitu mempercepat dan memudahkan pembayaran jasa kepelabuhan. "IPC tidak berhenti untuk melakukan pengembangan dan inovasi sehingga Billing Center diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada pengguna jasa seccara on-line sehingga akan didapatkan sistem pelayanan yang terpadu dan efisiensi,"jelasnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)