Apoteker Kimia Farma Siap Berkomunikasi Secara Personal

PT Kimia Farma Apotek, anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk., terus mengembangkan jaringan pelayanan kesehatannya dengan memperluas jangkauan pelayanan serta meningkatkan kenyamanan gerai-gerainya. Apa saja yang dilakukan PT Kimia Farma Apotek dalam meningatkan kualitas pelayanannya? Imam Fathorrahman, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, menuturkannya kepada Herning Banirestu.

Sejalan dengan visi PT Kimia Farma Apotek, yaitu menjadi perusahaan jaringan layanan kesehatan yang terkemuka dan mampu memberikan solusi kesehatan masyarakat di Indonesia, BUMN itu terus berusaha meningkatkan kualitas layanan dengan cara semakin mendekatkan diri dengan pelanggan, memperluas cakupan dan jangkauan layanan, serta meningkatkan kenyamanan gerai.

Kimia Farma

Dalam upaya untuk semakin mendekatkan diri kepada pelanggan, Kimia Farma Apotek terus mengembangkan program membership dan program contact center, yang menghubungkan pelanggan dan memungkinkannya untuk berinteraksi dengan apoteker, yang juga melengkapi keberadaan situs website yang terus dibenahi dan dikembangkan.

Tak jarang dilakukan temu pelanggan, yang dilaksanakan secara nasional maupun regional. Pada akhir tahun 2013 yang lalu, “Kami melaksanakan program “Kimia Farma Experience: New Year's Eve with Pharmacist“, yang dilaksanakan serentak di seluruh apotek Kimia Fama di Indonesia. Pada program ini seluruh jajaran manajeman mulai dari Dewan Komisaris dan Dewan Direksi PT Kimia Farma Apotek (KFA), serta seluruh apoteker melayani langsung para pelanggan,” jelasnya.

Di daerah pun Kimia Farma melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dan visitasi ke rumah pelanggan, yang kesemuanya diharapkan dapat meningkatkan experience pelanggan kepada Kimia Farma.

Jaringan layanan kesehatan Kimia Farma tidak hanya terbatas pada penyediaan obat-obat dan produk kesehatan, namun secara terintegrasi juga menyediakan layanan kesehatan lainnya melalui klinik dan laboratorium klinik, serta optik.

Di tahun 2013 yang lalu, Kimia Farma meningkatkan luasan jangkauan pelayanan, dengan membuka 100 cabang apotek dan klinik di seluruh Indonesia, sehingga di akhir tahun 2013 pelayanan Kimia Farma didukung oleh 512 apotek, 200 klinik, 35 laboratorium klinik, dan 11 optik yang tersebar di seluruh Indonesia. Ditargetkan pada 2017 Kimia Farma akan memiliki 1000 apotek dan klinik, dengan metode pengembangan dengan modal sendiri, sistem kerjasama operasional, dan sistem waralaba.

Peningkatan jumlah apotek dan klinik ini tak hanya merupakan pengembangan bisnis Kimia Farma di sektor B2C, namun juga mendukung program JKN serta pelayanan asuransi kesehatan lainnya, yang tumbuh cukup pesat pada dekade terakhir. Perusahaan senantiasa tumbuh di atas rata-rata industrinya dan terus sebagai market leader.

Untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan, secara berkelanjutan kami melakukan inovasi dan set-up gerai, sehingga menjadi ritel modern. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kompetensi dan kapabilitas pegawai, yang diharapkan dapat meningkatkan experience services pada pelanggan. Rentang jenis produk yang disediakan pun sangat luas namun tetap sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan, sehingga diharapkan pelayanan sesuai dengan harapan dan ekspektasi pelanggan.

Pelayanan kesehatan kepada pelanggan di Kimia Farma adalah terstandar, di mana untuk pelayanan di apotek mengacu pada standar internasional -- Good Pharmacy Practice, sedangkan di klinik telah diterapkan pelaksanaan kredensialing. Dalam pelayanan kefarmasian di apotek, apoteker kami selalu siap sedia berkomunikasi dan memberikan informasi obat dan edukasi kesehatan secara personal. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)