Aset Pegadaian Bertambah 20% | SWA.co.id

Aset Pegadaian Bertambah 20%

PT Pegadaian (Persero) mencetak kinerja yang meyakinkan di tengah situasi ekonomi yang belum kondusif. Direktur IV Bidang Keuangan Pegadaian Dwi Agus Pramudya mengatakan, kinerja perusahaan sepanjang 2016 sangat menggembirakan. Dari sisi kinerja keuangan, aset tumbuh 20% dari Rp 39,1 triliun pada 2015 menjadi Rp 46,9 triliun. Pendapatan usaha meningkat 8,7% menjadi 9,7 triliun sedangkan laba bersih naik 15,2% dari Rp 1,9 triliun menjadi Rp 2,2 triliun.

Begitupun dengan kinerja operasional. Total Outstanding Loan meningkat 14,5% dari Rp 30,9 triliun pada akhir tahun 2015 menjadi Rp 35,4 triliun. Besaran gadai konvensional masih mendominasi yakni Rp 27,3 triliun (78,9%). Disusul, gadai syariah Rp 3,5 triliun (10,2%) dan non gadai sebesar Rp 3,7 triliun (10,9%).

Direktur Utama dan Direktur Keuangan Pegadaian bersiap melepaskan penyu.

“Pegadaian memberi solusi bisnis dalam tiga lini. Pertama bisnis pembiayaan berbasis gadai dan fidusia. Kedua bisnis emas dan ketiga bisnis aneka jasa yaitu jasa multi pembayaran dan jasa pengiriman uang,” kata Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi dalam rilisnya.

Menurut dia, Pegadaian memberi solusi kepada masyarakat yang memerlukan kebutuhan dana, menyediakan sarana investasi yang kelebihan dana dalam bentuk emas, dan mempercepat akses transaksi keuangan.

Pada saat yang sama, Pegadaian turut ambil bagian dalam program pelestarian lingkungan, satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari pengelolaan perusahaan. Ini adalah salah satu wujud kontribusi BUMN dalam menyukseskan program “BUMN Hadir untuk Negeri”.

Perusahaan pelat itu ikut serta dalam kegiatan pelepasan penyu dan penanaman mangrove yang dilakukan di Pulau Kepayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung (11/2/2017). Ini adalah bagian dari pelaksanaan CSR yang dilaksanakan oleh 150-an peserta dari perwakilan Pegadaian diseluruh Indonesia.

Kegiatan itu merupakan bagian dari workshop Pegadaian Leadership Forum yang merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kerjasama antar peserta dalam merancang strategi untuk menyelesaikan suatu permasalahan perusahaan. Para peserta terdiri dari Anggota Dewan Komisaris, Direksi, para General Manager, Pemimpin Wilayah, Direksi Perusahaan Anak, Deputi, Senior Manager, serta pejabat terkait.

Pegadaian Leadership Forum merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional yang digelar di Belitung selama 3 hari tanggal 9-11 Februari 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan sosialiasi program kerja perusahaan.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)