Atasi Defisit Listrik, PLN Sewa Kapal PLTG

PT PLN (Persero) menyewa empat kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) asal Turki. Empat kapal tersebut untuk memenuhi kekurangan listrik di empat daerah, di antaranya adalah Amurang, Sulawesi Utara; Medan, Sumatera Utara dan Atambua, Nusa Tenggara Timur.

"Sekarang kan masih kekurangan sekali, pemadaman masih terjadi di sulut dan sebagainya," kata Sofyan Basir, Direktur Utama PT PLN di kompleks Istana Kepresidanan, Kamis, 3 Desember 2015. Kapasitas pembangkit listik di kapal ini masing memiliki daya 120 mega watt. Dengan kemampuan tersebut, Sofyan menuturkan, kapal itu dapat menyuplai listrik setengah kota.

(Foto: www.venuemagz.com) (Foto: www.venuemagz.com)

Seiring memasok listrik dari kapal, PLN menunggu pembangunan pembangkit listrik di empat lokasi tersebut. Di antaranya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap 2 x 50 mega watt di Amurang yang selesai 3 tahun lagi dan pembangkit listrik di Medan 240 mega watt.

Sofyan mengatakan PLN menyewa kapal tersebut langsung ke perusahaan terkait tanpa melalui perwakilan. Sayangnya dia lupa harga sewa listrik itu. "Tapi di bawah menggunakan (pembangkit listrik tenaga) diesel," kata dia. Saat ini hanya dua negara yang mempunyai kapal pembangkit listrik, Jepang dan Turki. " Dia (Turki) berani jamin 3 bulan di tempat karena alatnya mereka biasa untuk negara Timteng saat lagi perang."

Dia berharap Indonesia juga mempunyai pembangkit listrik di atas kapal untuk mengatasi krisis listrik di daerah terpencil. Meski tidak besar, Sofyan ingin membangun pembangkit listrik di atas kapal 10 hingga 20 mega wattt. "Kalau itu bisa dibuat maka solusi untuk daerah terpencil. khususnya untuk kepulauan," kata dia.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)