Australian Independent School Rayakan HUT ke-20

Kehadiran Australian Independent School (AIS) berperan signifikan di dunia pendidikan Indonesia. Maklum, kiprahnya tahun 2016 ini sudah mencapai 20 tahun dengan sistem pendidikan berkelas internasional. AIS memperingati ulang tahunnya dengan kegiatan yang melibatkan siswa, guru dan orangtua murid secara meriah di gedung AIS di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Imajinasi, Inspirasi dan Inklusi. Sebagai bagian dari acara peringatan, hari ini diadakan Anniversary Fair 2016 bagi seluruh keluarga besar AIS dan komunitas sekitar bertempat di AIS Kemang, jam 14.00 – 18.30 wib. Anniversary Fair menampilkan museum 3 dimensi (dibuat oleh seniman Ashtwo), 60 tenda pop up store, penampilan musik, permainan untuk anak dan kembang api sebagai penutup acara.

Tema Imajinasi, Inspirasi dan Inklusi dipilih berdasarkan kebutuhan edukasi di masa mendatang, dimana siswa diharapkan memiliki keterampilan di 4 area yaitu pemikiran yang kritis, komunikasi yang baik, kemampuan kolaborasi dan memiliki kreativitas. AIS mengunakan metode pengajaran Australia yang secara interaktif mendorong partisipasi siswa, mengembangkan kepercayaan diri serta mengasah kemampuan komunikasi yang efektif, yang bertujuan menyiapkan siswa menjadi pemberi solusi, pemimpin dan penemu ide-ide baru.

AIS Anniversary

Penny Robertson, Pendiri AIS, dalam sambutannya mengatakan, “AIS berdiri pada tahun 1996 berdasarkan pada keyakinan bahwa pendidikan berkualitas adalah hak semua anak. Selama 20 tahun, AIS berpegang teguh pada filosofi mengembangkan wawasan dan menyatukan perbedaan, tanpa membedakan kewarganegaraan, etnis, agama, bahasa atau kemampuan akademik. Di AIS semua anak diterima dengan baik, dihargai dan dibina untuk mencapai potensi terbaiknya.”

Menurutnya, AIS fokus pada pengembangan potensi siswa baik potensi akademis dan personal. Setiap siswa memiliki kesempatan, kebebasan dan mendapat dukungan penuh dari seluruh bagian AIS. Training dan pelatihan pengembangan profesi juga terus diadakan bagi para tenaga pengajar sekaligus memberikan perkembangan terkini dalam hal pendidikan dan kemampuan personal.

Brenton Hall, Kepalah Sekolah AIS Indonesia, menambahkan, “AIS sudah menjadi rumah kedua bagi para siswa, guru dan komunitas sekitar, dalam lingkungan yang mendukung dan harmonis. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi seluruh pihak yang membantu AIS hingga menjadi seperti sekarang. Kami akan terus memberikan pendidikan yang berkualitas bagi siswa dengan memberi dukungan agar mereka dapat menemukan potensi dirinya.”

Sebagai bagian dari peringatan 20 tahun, selain mengadakan Anniversary Fair, AIS juga memberi bantuan untuk merenovasi madrasah di sekitar sekolah yaitu dengan memperbaiki fasilitas seperti pada atap, pengadaan toilet, lampu dan penyediaan peralatan mengajar.

Australia Independent School sebelumnya disebut Australian International School. Dengan lebih dari 800 siswa, AIS menawarkan Kurikulum Australia yang terpadu untuk siswa Taman Kanak-kanak hingga siswa SMA (kelas 12) dengan fokus pada pengembangan siswa untuk menjadi bagian dari masyarakat global dan mengembangkan keterampilan untuk membantu mereka mencapai sukses dan menjadi pemimpin dalam komunitas mereka. AIS menyediakan dukungan spesialis untuk siswa dengan kesulitan belajar dan kemampuan bahasa Inggris yang terbatas.

AIS memiliki empat sekolah yang terletak di Bali, Balikpapan dan Jakarta (Kemang dan Pejaten). AIS Indonesia menawarkan Kurikulum Australia dan IB Diploma untuk siswa SMA di Jakarta.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)