Ayom Group-Les Cimes Gabungkan Kekuatan Alam dan Teknologi

Gerakan peduli lingkungan tak hanya milik kelompok atau corporate tertentu, namun industri hospitality seperti hotel juga mulai banyak yang mengusung konsep green. Seperti yang dilakukan Dua operator hotel, Ayom Group dan Les Cimes yang bekerja sama untuk menghadirkan konsep green dan teknologi augmented reality.

Ayom Group, merupakan corporate brand dari PT Selaras Hijau Manajemen yang menaungi beberapa hotel yang mengusung visi dan konsep hijau. Sementara Les Cimes adalah operator hotel bintang lima berbasis di Perancis dan merupakan operator hotel pertama yang menggunakan teknologi Augmented Reality. Les Cimes mengelola apartemen, hotel, klub hingga spa.

Penggabungan unsur alam dan teknologi ini memberi arti baru dalam industri perhotelan. Chief Executive Officer dari Ayom Group, Ananda Soewono, mengatakan, konsep green hotel sudah banyak diusung sejumlah hotel, tapi kebanyakan belum maksimal. “Kami ingin membawa sustainable green, baik alam sekitar, budaya dan finansialnya,” kata Ananda.

Dua properti yang akan diusung perusahaan ini adalah Bale The Royal Signature dibangun sebagai produk brand bersegmen resort. Resort berarsitektur modern tradisional ini berada di kawasan Jalan Menukan, Yogyakarta dan menempati lahan 5.900 meter persegi. Kemudian Greenhost yang diposisikan sebagai produk brand berkelas sustainable hotel dengan menghadirkan condotel dan apartemen yang berada di kawasan Jalan Kusumanegara, Yogyakarta.

Chief Executive Officer Les Cimes, Gregory Emoult, mengatakan, konsep green yang ditawarkan yakni meminimalisir energi. Menggunakan listrik dan air sendiri. Di Perancis sudah banyak bangunan yang menggunakan net zero emission. Artinya di produk ini nantinya tidak akan menggunakan listrik dari PLN.

Selain itu untuk meminimalisasi penggunaan kertas, teknologi canggih yang dikembangkan Les Cimes menjadikan hotel ini sebagai hotel masa depan. Augmented reality technology yang diusung merupakan teknologi digital layar sentuh dan hologram yang akan menggantikan peran kertas.

Kearifan lokal juga menjadi tolok ukur dari konsep green yang ditawarkan operator hotel ini. Nantinya di manapun hotel atau bangunan yang digagas Ayom Group didirikan tidak akan meninggalkan ciri khas budaya daerah tersebut.

Salah satu portofolio Ayom Group yang sudah mendapat pengakuan yakni Rumah Turi. Merupakan hotel berkonsep hijau yang mendapatkan penghargaan dalam ASEAN Energy Efficiency and Conservation Awards oleh Asean Center For Energy. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)