Bangun Gudang Multiuser, DHL Investasi Rp 25 Miliar

DHL Supply Chain meresmikan warehouse multiuser baru di Jakarta, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di sektor teknologi. Fasilitas terbaru yang berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, secara khusus dirancang untuk meningkatkan proses pengiriman barang, dimana proses operasionalnya semakin dimaksimalkan untuk meningkatkan efisiensi kerja biaya. Dengan total investasi sebesar US$ 2,3 juta (Rp 25 miliar), warehouse multi-user Cililitan yang memiliki luas 17.000 meter persegi ini akan menjadi aset penting bagi pertumbuhan bisnis DHL Supply Chain Indonesia.

Oscar de Bok, Chief Executive Officer, DHL Supply Chain – Asia Selatan dan Asia Tenggara,mengatakan, peresmian warehouse multi-user baru ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang DHL Supply Chain dalam meningkatkan jaringan fasilitas yang ada di Indonesia seiring berkembangnya kebutuhan pelanggan.

Menguatnya kinerja ekonomi Indonesia telah memberikan dampak yang positif pada industri logistik nasional, dengan prediksi pertumbuhan sebesar 4.2 persen, menjadi Rp 1,4 triliun (US$ 153 miliar US$) di tahun ini. Melalui strategi perluasan fasilitas ini, pihaknya optimistis dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sambil terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan DHL.

Abdul Rahim Tahir, Managing Director DHL Supply Chain Indonesia, menambahkan, industri teknologi di Indonesia ditargetkan meningkat tahun ini menyusul rencana pemerintah untuk mengembangkan industri elektronik berteknologi tinggi. “Kami menyambut peluang tersebut dengan melakukan investasi pada sektor teknologi informasi serta konsumen elektronik ini, guna memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan DHL Supply Chain di industri ini. Selain itu, peresmian warehouse ini juga diharapkan dapat mempercepat proses pengiriman barang dan memaksimalkan ketepatan,” jelasnya.

Melengkapi limawarehouse multi-user DHL Supply Chain lainnya di wilayah Jabodetabek, fasilitas baru ini dapat mengkonsolidasikan dan menyimpan pengiriman barang untuk didistribusikan ke lebih dari 300 lokasi pelanggan. Warehouse multi-user lainnya terletak di wilayah Cikarang, Kedunghalang, Marunda, Sunter dan Sentul, yang sebagian besar digunakan untuk melayani pelanggan di sektor otomotif, ritel, konsumen dan industri. Saat ini DHL Supply Chain memiliki total 70 lokasi penyimpanan /field stock locations (FSL) di sektor komunikasi dan informasi teknologi di seluruh Indonesia.

Dengan berfungsinya warehouse multi-user baru di Cililitan, kapasitas penanganan dan efisiensi operasional ditargetkan meningkat sebesar 20 persen. Fasilitas ini dirancang dengan proses operasional terbaik di kelasnya dari loading docks dan docks levelers, sampai dengan teknologi RFID untuk pemindaian barcode. Semua fasilitas ini bertujuan mempercepat waktu pengiriman kepada pelanggan, dengan kemampuan volume per bulan diharapkan mencapai 75.000 unit suku cadang. Warehouse ini dilengkapi dengan100 armada kendaraan, yang terdiri dari 60 van, 10 truk, dan 30 buah sepeda motor.

Awal tahun ini, DHL Supply Chain Indonesia telah meluncurkan program solusi layanan teknis untuk mendukung kebutuhan bisnis di segmen Pra-Penjualan dan Purna Jual. Dengan mengintegrasikan proses perbaikan ke dalam DHL’s Extensive Service Logistics Footprint (program ekspansi pelayanan logistik DHL, yaitu DHL akan memperluas scope pelayanannya ke pelayanan perbaikan teknik) dimana pelanggan kami dapat melakukan penghematansignifikan pada biaya operasional. (Eva Martha Rahayu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)