Bank Mandiri Layani Transaksi PNBP Kementerian Perhubungan


Mendukung upaya pemerintah untuk menjalankan praktek trasparansi, Bank Mandiri melayani transaksi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Kementerian Perhubungan. Penandatanganan kesepakatan bersama penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo

Menurut Kartika, melalui kerja sama ini pihaknya akan menyediakan solusi perbankan untuk pembayaran PNBP secara elektronik kepada wajib bayar atau pengguna jasa di Kementerian Perhubungan. Kanal pembayaran PNBP tersebut dapat melalui fasilitas Mandiri Internet Banking, mandiri ATM, cabang Bank Mandiri dan Mini ATM atau electronic Data Capture (EDC).

“Di masa depan semakin banyak penerimaan negara yang akan masuk melalui cashless, ini tak lain guna mendukung praktek pemerintahan yang trasparan dan mencegah kebocoran-kebocoran baik pembayaran maupun penerimaan,” ujar Kartika. Kerja sama ini juga sejalan dengan implementasi Simponi/MPN G2 (Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak online/Modul Negara Generasi Kedua).

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, kerja sama ini bisa membentuk aliansi strategis antara pemerintah dan BUMN yang cukup berjarak selama ini. “Melalui kanal seperti ATM , EDC dan uang elektronik ini bisa akan menjadi llebih efisien dan terkontrol dengan baik, kami tidak perlu lagi banyak tenaga untuk mengontrol dimana-mana,” ujarnya. Kedua, membantu karyawan di kalangan Kementerian Perhubungan untuk mengakses pinjaman dan ketiga memudahkan pembayaran gaji karyawan.

Ke depannya Budi meminta kepada Direktorat Perhubungan Laut dan Pelindo untuk membicarakan lebih lanjut dengan Bank Mandiri guna mendukung sistem pembayaran yang mampu melayani selama 24 jam dari Senin - Minggu. “Karena kini banyak klien dari internasional yang menginginkan layanan non-stop tanpa mengenal hari libur,” ungkapnya. Menaggapi hal ini Kartika mengatakan,e pihaknya siap akan melayani jika memang Kemenhub dan Pelindo membutuhkan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)