Management

Bank Mandiri Taspen, Menyejahterakan Pensiunan melalui Tiga Pilar dan Movin

Elmamber P. Sinaga, Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen.
Elmamber Petamu Sinaga, Direktur Utama, Bank Mandiri Taspen.

Menjadi mitra terbaik dan terpercaya dalam memberdayakan dan menyejahterakan”, itulah visi Bank Mandiri Taspen. Adapun misinya, pertama, menciptakan pertumbuhan bisnis dan kesejahteraan melalui produk dan layanan keuangan terbaik. Kedua, fokus pada kebutuhan UMKM dan pensiunan dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Memang, Bank Mandiri Taspen bergerak pada usaha bidang perbankan yang berfokus pada segmen UMKM dan pensiunan. Bank ini terbentuk dari dua perusahaan BUMN, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Taspen (Persero).

Bank Mandiri Taspen sangat mengistimewakan nasabah pensiunan, terutama karena 70% nasabahnya sebagian besar adalah pensiunan. Karena itu, layanan bank ini dibuat dengan memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan pensiunan. Salah satunya, melalui mobile banking yang dimiliki, yaitu aplikasi Movin by Bank Mandiri Taspen.

Aplikasi tersebut dibuat dengan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang nyaman untuk pensiunan. Seperti font tulisan yang lebih besar, pilihan warna yang nyaman untuk mata orang tua, fitur dasar sesuai dengan kebutuhan pensiunan, serta langkah-langkah transaksi yang ringkas dan tidak terlalu banyak pengisian data.

Selain itu, file aplikasi yang relatif kecil dibandingkan aplikasi bank lain menjadikan aplikasi ringan untuk diinstal di ponsel dan tidak memakan storage ponsel. Fitur dasar seperti cek saldo, transfer (pindah buku, transfer online, BI FAST), pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan token PLN, serta top-up ewallet sudah dapat dinikmati nasabah di aplikasi Movin by Bank Mandiri Taspen.

Ke depan, untuk kemudahan nasabahnya, akan ditambahkan layanan QRIS, tarik tunai, Absensi Pensiun (Non-ASN), pembukaan rekening online, dan pengajuan pinjaman secara online.

“Pensiunan Bank Mandiri Taspen sampai Desember 2022 tumbuh menjadi sebanyak 350 ribu pensiunan atau sebesar 34,9% secara YoY yang terdiri dari pensiunan ASN dan TNI/Polri,” kata Elmamber P. Sinaga, Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen.

Bank ini pun memiliki berbagai produk unggulan, seperti Tabungan SMARD. Lalu, ada produk kredit seperti Kredit Mantap Pensiun (KMP), Kredit Mantap Usaha Pensiun (KMUP), Kredit Mantap Pra Pensiun (KMPP), dan Kredit Mantap Pra Pensiun Usaha (KMPP Usaha).

Ada juga program Marjan (Mari Join Mantap), yaitu program pemberian reward yang ditujukan untuk nasabah perorangan bank ini di seluruh Indonesia yang melakukan penempatan deposito minimal Rp 25 juta selama jangka waktu minimal enam bulan. Nasabah mendapatkan reward voucher belanja sampai dengan Rp 5 juta hanya dengan menempatkan deposito di bank ini dengan periode program sampai 29 Desember 2023.

Sejalan dengan visi dan misi bank ini, maka dibentuklah “3 Pilar Mantap Indonesia” untuk memenuhi kebutuhan pensiunan dan calon pensiunan agar tetap sehat, aktif, dan sejahtera di masa pensiun.

Ketiga pilar yang diluncurkan pada November 2017 ini, pertama, Mantap Sehat, bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat, khususnya pensiunan, untuk mencapai kondisi kesehatan optimal dan sebagai wujud konsistensi kepedulian bank ini untuk kesehatan pensiunan. Hal tersebut diimplementasikan dalam beberapa program, di antaranya cek kesehatan gratis (bekerjasama dengan Kimia Farma Diagnostica), senam bersama, serta seminar kesehatan online.

Kedua, Mantap Aktif, bertujuan mendukung penciptaan masyarakat, khususnya pensiunan, yang aktif, produktif, serta tangguh dan bahagia. Diimplementasikan melalui program yang berfokus pada bidang sosial dan religi.

Ketiga, Mantap Sejahtera, bertujuan menciptakan masyarakat, khususnya pensiunan, yang mandiri dan sejahtera melalui kewirausahaan. Diimplementasikan melalui program Wirausaha Mantap Sejahtera, Mantap Cooking Club, dan Warung Mantap Sejahtera.

Adapun target tiga pilar tersebut ialah seluruh nasabah pensiunan Bank Mandiri Taspen, para calon pensiunan (pembekalan dalam mempersiapkan diri memasuki masa pensiun), serta para pensiunan yang belum menjadi nasabah bank ini.

Lalu, bagaimana implementasi strategi tiga pilar tersebut? Dijelaskan Elmamber, kantor pusat memberikan wewenang kepada kantor cabang untuk melaksanakan kegiatan “3 Pilar Mantap Indonesia” di 287 kantor jaringan bank ini sehingga semua nasabah dapat merasakan manfaatnya.

Lalu, ada kerjasama Mantap Sehat dengan Kimia Farma, Rumah Sakit IHC Jember, beberapa rumah sakit/klinik lainnya di seluruh Indonesia. Kemudian, kerjasama Mantap Sejahtera dengan Toko Mandiri Indogrosir, Bola Deli, serta para mentor kewirausahaan (hidroponik, budidaya nila/lele, jamur tiram, dll).

Penerapan tiga pilar ini dilaksanakan merata di seluruh wilayah Indonesia, dari 2017 sampai 2022. Rinciannya: Mantap Sehat, dijalankan dari 2017 sampai Februari 2023, total pesertanya 66.936; Mantap Aktif, dari 2017 sampai Februari 2023, total pesertanya 144.094; dan Mantap Sejahtera, dari 2017 sampai Februari 2023 total pesertanya 75.578.

Berbicara tentang aplikasi Movin by Bank Mandiri Taspen, hingga saat ini jumlah penggunanya mengalami pertumbuhan yang positif. Sampai pertengahan Februari 2023, total nasabah yang sudah melakukan registrasi aplikasi tersebut sebanyak 113.122 pengguna.

Proyeksi peningkatan pengguna Movin by Bank Mandiri Taspen adalah sejumlah 200 ribu atau naik sebesar 106% dari 2022. Untuk jumlah transaksi pada Januari- Februari 2023, total 2,6 juta transaksi dengan total nominalnya Rp 437 miliar.

Dengan adanya “3 Pilar Mantap Indonesia” dan aplikasi Movin by Bank Mandiri Taspen, bank ini mampu memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan nasabahnya sehingga bisa terus tumbuh. (*)

Dede Suryadi

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved