Battle Chef The Series Berikan Pengalaman untuk Karier Chef

Battle Chef The Series, ajang pencarian chef terbaik di Indonesia sudah memasuki pekan ke tiga, dari 10 pekan yang telah dijadwalkan. Itu artinya sudah tiga batch yang diselesaikan sejak pertama kali digelar pada tanggal 13 Februari 2015 lalu. Mengambil satu pemenang dari setiap batchnya, Battle Chef The Series akan mengumpulkan 10 finalis yang akan diadu ketangkasannya dalam memasak pada bulan Oktober mendatang.

IMG_20150227_135647

Chef Degan Septoadji, salah satu Dewan Juri dalam Battle Chef The Series menilai bahwa dengan adanya ajang ini peserta bisa mengasah kemampuannya untuk diimplementasikan pada karir mereka sebagai chef. Terlebih dengan mengangkat tema “Secret Box” yang diusung pada ajang ini, dimana peserta akan mendapatkan bahan baku masakan yang dirahasiakan untuk diolah, memberikan tantangan tersendiri untuk dilewati.

“Dengan demikian peserta harus siap dengan segala bahan rahasia yang telah kita siapkan, dimana ini menguji skill serta pengalaman mereka dalam mengolah bahan masakan menjadi masakan yang menarik untuk dikemas,” kata Chef Degan di sela – sela acara Battle Chef The Series. Ia juga menambahkan bahwa keuletan peserta dalam melakukan berbagai macam case study sebelumnya, juga bakal diuji.

Selanjutnya Chef Degan juga memaparkan bahwa dari ajang Battle Chef The Series ini yang bakal diuji adalah bukan hanya kemampuan mereka menciptakan rasa serta tampilan masakan yang menarik dari bahan – bahan rahasia, melainkan cara mereka bekerja, originalitas, dan cara mempresentasikan di hadapan dewan juri juga bakal menjadi kriteria penilaian apakah peserta layak menang atau tidak.

Soal rasa, Chef Degan terbilang sangat strict terhadap kualitasnya, dimana meskipun tampilan masakannya sangat menarik tapi rasanya biasa saja itu juga akan menjadi faktor penghambat.

“Pada akhirnya kan soal rasa, itu yang mereka harus mix dengan tampilan yang menarik,” Chef Degan melanjutkan. Sehingga dari penilaan tersebut bisa didapatkan pembelajaran yang sangat aplikatif kepada meraka saat mereka terjun di dunia kerja.

Pendapat senada juga dituturkan oleh Roger Perez Gonzalez, Director of Food and Beverage Century Park Hotel, yang juga hadir sebagai dewan juri dalam Battle Chef The Series ini, bahwa untuk mendapatkan hasil yang sempurna dibutuhkan tools yang support enough terhadap aktivitas memasak tersebut. “Oleh karena itu kami dalam event ini bekerja sama dengan Oxone yang notabene memproduksi alat – alat memasak yang bisa menunjang setiap aktivitas memasak para peserta,” katanya.

Selain itu faktor selanjutnya datang dari passion, dimana ia mencontohkan bahwa ada kalanya seorang Chef gagal berulang kali, tapi karena passion ia dapat mengesampingkan kegagalan tersebut dan mengkonversi terminologi gagal menjadi suatu pembelajaran. "Sehingga dalam ajang ini pun demikian, meskipun mereka gagal tapi ada suatu pengalaman positif yang dapat diimplementasikan saat mereka terjun ke dunia karir yang sesungguhnya," Roger melanjutkan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)