BEKRAF dan MKI Dorong Standarisasi Barista

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerja sama dengan Masyarakat Kopi Indonesia (MKI) mengadakan Workshop Racik Kopi di Manado pada tanggal 13 – 15 September 2017 di Hotel Ibis Manado.

Workshop yang diadakan oleh Direktorat Edukasi Deputi Riset dan Pengembangan ini merupakan bagian dari kerja besar BEKRAF dalam menguatkan ekosistem industri kopi Indonesia. Dengan mencapai ekosistem yang ideal, kopi Indonesia diharapkan menuju dunia internasional sebagai ikon dari sub sektor kuliner bersama sama dengan makanan soto.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan skill peserta dalam meracik kopi dengan fokus pada 12 unit kompetensi yang berakitan dengan peningkatan kemampuan dalam meracik kopi. Sebanyak 12 kompetensi yang dimaksud adalah 1) Mengelola Bahan Baku, 2) Mengelola Peralatan dan Perlengkapan, 3) Mengelola Area Kerja, 4) Menangani Pelanggan, 5). Mengoperasikan Peralatan, 6). Memutakhirkan Pengetahuan Tentang Kopi, 7) Menangani Situasi Konflik, 8) Mengikuti Prosedur Kesalamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja, 9) Berkomunikasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar, 10) Bekerja sama dengan Kolega dan Pelanggan. 11) Menyiapkan dan Menyajikan Minuman Non Alkohol, 12) Mengoperasikan Bar.

Workshop yang berlangsung tiga hari ini, menghadirkan nara sumber Edi Panggabean sebagai Ketua Masyarakat Kopi Indonesia dan para asesor lainnya, sehingga berjumlah lima orang narasumber.

Peserta yang berjumlah lebih dari 50 barista, tidak hanya berasal dari kota Manado saja, tetapi juga dari Gorontalo dan beberapa kota di Sulawesi lainnya. Selain di Manado, workshop serupa juga akan dilaksanakan di Humbang Hasandutan, Sumatera Utara.

BEKRAFadalah lembaga yang memiliki komitmen tinggi dan fokus pada industri hilir kopi, yaitu kopi sebagai produk yang siap dinikmati konsumen. Oleh karena itu, workshop ini diharapkan dapat memberi nilai tambah serta standarisasi bagi para pelaku kreatif di bidang kopi dalam menyajikannya di kedai - kedai, cafe – cafe dengan brand Indonesia. Hal ini tentu senada dengan keinginan dan harapan Presiden Jokowi, ke depannya Indonesia diharapkan tidak hanya jual kopi, namun juga pasok tenaga barista.

Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sehubungan dengan hal tersebut, BEKRAF berupaya memaksimalkan potensi kopi Indonesia menjadi gaya hidup agar ekosistem industri kopi menjadi semakin kokoh.

Selain workshop peningkatan skill seperti ini, beberapa kegiatan penunjang dalam mencapai ekosistem yang ideal seperti menggandeng perbankan sebagai sumber permodalan dalam mewujudkan pengembangan dan peningkatan usaha kopi oleh pelaku ekonomi kreatif, mencari model infrastuktur yang khas dalam memasarkan kopi Indoensia, kemampuan membaca, menganalisa dan penetrasi pasar di dalam dan luar negeri, sertifikasi barista dan membangun kerja sama antar lembaga dan pemerintah untuk mendorong majunya industri kopi.

BEKRAF mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)