Bekraf Edukasi Startup Melalui Program Startup Pitch Day

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar babak final program Startup Pitch Day di Sanur Bali. Ricky Pesik, Wakil Ketua Bekraf mengatakan tujuan dari program untuk melatih dan meningkatkan kemampuan para startup untuk terampil dalam menarik investor agar memperbesar usahanya. Selain itu, membantu peserta untuk dapat mengetahui sudut pandang investor dalam menentukan startup pilihan sebagai ladang investasi.

img-20161105-wa0004_resized_1

“Akses permodalan yang luas bagi startup industri kreatif adalah goal dari acara ini, kami juga melatih mereka untuk elevator pitch di depan investor,” katanya.

Program ini diikuti oleh 24 startup yang telah melalui babak kualifikasi yang ketat. Sebelumnya Bekraf melakukan roadshow ke lima kota di Indonesia yakni Depok, Medan, Malang, Bali dan Bandung dengan sebanyak 20 hingga 30 peserta per daerah. Dari masing-masing daerah terpilih tiga hingga lima startup yang berhak menuju babak final dan melakukan pitching di depan 13 investor.

Menurutnya saat ini pertumbuhan startup di Indonesia berkembang pesat. Namun ia melihat masih banyak pemilik usaha khususnya anak-anak muda belum memiliki banyak pengetahuan untuk mengembangkan bisnis serta menggaet minat investor. "Kami memberikan kesempatan belajar kepeda mereka supaya semakin mumpuni dalam mengembangkan bisnis, meningkatkan skala bisnis, yang semuanya dimulai dengan kemampuan membangun hubungan dengan investor,” jelasnya.

Berkerja sama dengan Kinara Indonesia, Bekraf merancang dengan seksama bentuk kegiatan dan materi yang ingin disampaikan kepada para pelaku usaha rintisan yang menjadi peserta. Kinara Indonesia juga mendukung secara penuh dalam memberikan rekomendasi investor yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha rintisan.

Michael Tampi, Direktur Kinara Indonesia menjelaskan program ini diisi dengan memberikan pelatihan tentang bagaimana membuat slide presentasi (pitch deck) yang menarik dengan memperhatikan estetika desain visual. Pelatihan tentang cara presentasikan dihadapan investor serta diberi penjelasan pentingnya melindungi merek serta cara mendaftarkan hak cipta. Selain itu, juga diadakan workshop mengenai pelatihan tentang proyeksi keuangan di masa depan (projection) dan mengukur valuasi usaha (valuation) dan pelatihan membaca dan memahami term sheet yang ditawarkan oleh investor.

“Harapannya ke depannya startup ini bisa berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia bila ekosistem ekonomi kreatif hasilkan wirausaha yang tangguh dan bisa berkompetisi secara global,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)