Belajar Film Melalui Media Sinedu

Visinema Pictures bersama Keluarga Kita, Sekolah Cikal dan PlotPoint meluncurkan inisiatif pendidikan bernama Sinema Edukasi (www.sinedu.id), yaitu sebuah platform online yang menyediakan film sebagai media belajar untuk dapat digunakan oleh siswa, guru dan orangtua. Angga Dwimas Sasongko, sutradara dan CEO Visinema Pictures, menjelaskan, Sinedu bisa membantu para guru, murid dan orang tua di mana pun berada untuk mengakses film serta modul belajar yang didesain dan dibuat khusus untuk bisa melakukan kegitan belajar mengajar mengunakan film sebagai media belajar.

IMG-20160524-WA0009_resized_1

Sinedu merupakan wadah yang mensinergikan antara sinema dan edukasi. Menurutnya, pflatfrom ini merupakan terobosan baru untuk di dunia pendidikan dan film. Sehingga pembelajaran melalui media ini menjadi alat yang menyenangkan untuk belajar bagi para siswa. Para guru dan orang tua bisa mengakses untuk menonton film secara gratis.

Nantinya, para siswa diajak berpendapat mengenai pengalaman setelah menonton film, hingga mengulas literasi film. Modul tersebut juga berisi informasi mengenai proses pembuatan film hingga nilai moral yang terkandung. Selain itu modul juga disesuaikan dengan panduan kompetensi anak, sehingga tujuan sebagai media belajar dapat tercapai.

“Sinedu  merupakan sebuah investasi baginya sebagai sineas untuk menciptakan penonton cerdas, aktif, kritis dan bisa mengapresiasi film,” ujarnya saat peluncuran Sinema Edukasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara itu, penulis skenario dan Co-Founder PlotPoint, Gina S. Noer, berharap dengan adanya Sinedu mampu menumbuhkan percakapan tentang film dan edukasi di setiap ruang kelas dan ruang keluarga guna mencetak penonton pintar, sehingga industri perfilman dapat memproduksi film-film dengan kualitas yang jauh lebih baik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)