Bentuk Apresiasi Sahabat Kartini kepada Perempuan Indonesia

Gaung perayaan Hari Kartini masih terus bergema sepanjang April ini. Sebagai wujud penghormatan atas perjuangan RA Kartini sebagai sosok pahlawan perempuan pertama yang memperjuangkan kesetaraan derajat kaum perempuan dan emansipasi perempuan, Sahabat Kartini mengadakan perhelatan "Penganugerahan Penghargaan Sahabat Kartini" kepada sejumlah tokoh perempuan.

SahabatKartini

Sejumlah nama seperti Shinta Nuriah, Moeryati Soedibyo, Titiek Puspa, Mien R. Uno, Prita Kemal Gani, Siti Wawa Sugi Murwati, Brigjen Ida Utari, Nucke Rahma, Susi Susanti, Viera Permata Rosada, Coreta Putut Bayuseno dan Yulie Nasution Grillon, adalah penerima penghargaan Kartini. Selain itu, artis senior seperti Aminah Cendrakasih dan Laila Sari mendapatkan lifetime achievement dari Sahabat Kartini atas prestasi yang diukirnya.

“Bahagia dan senang atas penghargaan yg diberikan kepada saya Sahabat Kartini. Saya meras ini bisa menjadi inspirasi. Bagi saya ini merupakan beban karna apa yang dipercayakan kepada saya semoga bisa saya pertahankan demi kemashalatan bangsa Indonesia. Semoga kegiatan ini bisa mengangkat martabat-martabat perempuan,” ungkap Shinta Nuriah, mantan Ibu Negara dan Tokoh Pluralisme ini.

Sahabat Kartini adalah komunitas yg digagas dan diketuai Rani Anggraini Safitri seorang pengusaha di bidang properti dan information technology (IT). Sahabat Kartini Kartini mempunyai tujuan melanjutkan cita cita mulia RA Kartini. “Semangat dan perjuangan Kartini masih melekat dalam diri setiap perempuan sampai saat ini. Banyak anak bangsa yang sudah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui prestasinya. namun tidak sedikit juga anak bangsa yang dulu pernah menjadi kebanggaan Indonesia kini dilupakan. Atas kesadaran dan kepeduliaan inilah, komunitas Sahabat Kartini dibentuk dan berdedikasi untuk memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia yang mempunyai prestasi dan semangat Kartini dalam mengharumkan nama bangsa,” ungkap Rani Anggraini Safitri.

Menurutnya, ke depan diharapkan ajang penghargaan ini menjadi sebuah agenda tahunan bagi Sahabat Kartini untuk tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada perempuan Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, juga perempuan daerah yang mempunyai prestasi dan semangat Kartini. "Semoga dengan penganugerahan ini dapat memotivasi para perempuan di seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," tambah Rani.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Yohana Yambesi menaruh harapan agar perempuan Indonesia sebagai Kartini masa kini diharapkan tidak meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. “Tetap menjaga kodratnya sebagai perempuan dan mampu mempersiapkan anak-anak mereka karena anak adalah aset bangsa ke depannya,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)