BI Tawarkan 4 Langkah Pengembangan Ekonomi Syariah

Bank Indonesia melalui rangkaian acara Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2015 menyelenggarakan seminar “Edukasi Keuangan Syari’ah Untuk Pengusaha” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam bisnis berbasis syariah.

20151028_100707_resized

Penyelenggaraan acara ini merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dengan mengingat potensi besar yang dimiliki keuangan syariah sebagai sumber pembiayaan kegiatan ekonomi masyarakat.

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan mengenai langkah dalam percepatan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. "Langkah pertama yang harus dilakukan untuk pengembangan ekonomi syariah harus adanya regulasi dan kebijakan yang mendukung keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia,"jelasnya.

Selanjutnya, ia menambahkan perlu peningkatan pengetahuan mengenai ekonomi dan keuangan syariah bagi perbankan, pelaku usaha dan sektor keuangan. Selain itu harus ada penyediaan model-model pembiayan ekonomi dan keuangan syariah serta penyelenggaraan inisiatif-inisiatif internasional seperti core principles zakat dan wakaf yang akan diluncurkan tahun ini.

Selain itu, menurutnya model bisnis ekonomi dan keuangan syariah yang berbasis komunitas merupakan model bisnis yang tepat dalam pemgembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk untuk menangkal penetrasi UMKM dari luar yang semakin besar dengan adanya liberasisasi ASEAN. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)