BII Pijar, Layanan Perbankan Mikro BII

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) meluncurkan layanan perbankan mikro BII PIJAR (Pilihan Bijak Mitra Usaha). Pada kesempatan yang sama BII juga meluncurkan produk program Sahabat BPR dengan mengukuhkan kemitraan BII dan BPR sebagai bagian dari komitmen BII bahwa BII juga menjalin kemitraan dengan BPR dalam mengembangkan perbankan mikro.

BII PIjar

BII PIJAR merupakan konsep community empowerment banking yang berkualitas dengan jalan membentuk, membina dan mengembangkan komunitas mikro, baik secara langsung maupun melalui kemitraan dengan pihak ketiga melalui pemberian edukasi pengelolaan usaha dan keuangan sehingga pelaku usaha mikro berkesempatan mengakses lembaga keuangan/perbankan (bankable).

Melalui Pola Langsung, BII melakukan penetrasi pasar secara langsung melalui pembentukan unit-unit mikro di pusat kegiatan segmen mikro yang berperan sebagai intermediator. Dalam kaitan dengan strategi ini, BII menyediakan program pembiayaan dan penghimpunan dana untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil sesuai kebutuhan nasabah.

Sementara melalui Pola Kemitraan, BII memberikan dukungan kepada mitra BPR dan Koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia melalui pola kerja sama strategis bernama Sahabat BPR. Produk program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan industri BPR melalui sistem layanan yang terintegrasi, baik dari sisi transaksi, portofolio pendanaan dan pembiayaan serta pendapatan bagi BPR.

Melalui Sahabat BPR, BII menyediakan sistem layanan, yang terdiri dari fasilitas pembiayaan, giro bisnis,ATM Co-Branding serta one stop solution untuk mendukung transaksi perbankan yang aman dan nyaman serta untuk mengelola arus kas bernama Corporate On Line Banking (CoOL Banking) System.

Taswin Zakaria, Presiden Direktur BII mengungkapkan,“Sejalan dengan misi BII humanizing financial service, kami ingin bersama-sama melakukan pengembangan UKM di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan penetrasi langsung, BII PIJAR akan menitiberatkan pada pemberdayaan komunitas dan menciptakan nilai tambah bagi ekosistem yang berada di dalamnya".

BII PIJAR merupakan layanan solusi usaha mikro, yang tidak hanya menitikberatkan pada pembiayaan, namun juga pada pendanaan dan jalur pembayaran. Dengan demikian, produk dan jasa yang diberikan BII PIJAR akan memberdayakan komunitas dengan jalan membentuk, membina, memberikan kemudahan terhadap akses perbankan.

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan segmen yang berkontribusi signifikan dalam mendukung perekonomian Indonesia, dimana berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM mencapai 55,2 juta unit, menyerap 101,72 juta tenaga kerja atau 97,3% dari total tenaga kerja di Indonesia, dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 56,7 persen.

“Melalui BII PIJAR, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berperan aktif dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan tentunya,BII PIJAR akan terus memperluas cakupan layanan menuju suatu komunitas cashless melalui pengembangan berbagai alternatif channel pembayaran”, tambah Taswin Zakaria.

Melalui BII PIJAR, BII juga akan menerapkan pendekatan “Shariah First”, suatu strategi eksekusi yang selalu menawarkan produk-produk Syariah terlebih dulu kepada nasabah baru dan existing. Pendekatan ini juga menjadi bagian dari komitmen BII untuk mendukung Gerakan Ekonomi Syariah (GRES) yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia pada akhir 2013 lalu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)