Bio Farma Prakarsai Ras Murni Domba Garut

PT Bio Farma (Persero) melakukan penerapan bioteknologi untuk pembudidayaan hewan, salah satunya Domba Garut yang telah dilakukan pelestariaan ras murni supaya menghasilkan domba unggul dan bermutu.

Garut dikenal memiliki keunggulan lokal ras domba ang berbobot besar serta tanduk melingkar. Namun, saat ini ras Domba Garut justru lebih banyak berada di luar wilayah Garut. Sementara di daerah asalnya sendiri, Domba Garut ras murni cukup sulit ditemukan. Melihat populasi dan kualitas genetika domba ini yang terus menurun,Bio Farma berinisiasi melakukan pemuliaan ataupun pelestarian ras murni.

20151015_093925_resized

"Dalam langkah kali ini kami Bio Farma juga turut menggandeng akademisi melalui program CSR-nya ini turut menginspirasi pihak-pihak lain, terutama sisi government dalam hal ini pemerintah Kabupaten Garut," ujar Iskandar, Presiden Direktur Bio Farma.

Selain itu, upaya pemurnian ras Domba Garut tidak hanya triple helix A-B-G meliputi Academic, Business, dan Government saja namun juga menyertakan masyarakat peternak domba sebagai bagian yang tidak kalah penting.

Dengan dilakukan pendampingan berupa pelatihan manajemen, penyuluhan kesehatan hewan dalam proses budi daya Domba Garut. Iskandar berharap dengan upaya yang konsisten dan berkesinambungan, disertai dukungan berbagai pihak, anakan Domba Garut ras murni dapat terus dibudidayakan, sehingga populasinya dapat terjaga kemurnian genetikanya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)