Biyan :To Be International, Tak Harus Singgah ke Milan

Memasuki tahun ke-31 dalam berkarya, Biyan Wanaatmadja memilih "Seruni" sebagai tema besarnya untuk koleksi women's wear Spring/Summer 2015. Tema ini berawal dari simbolisasi bunga krisan, yang dipercaya di Asia sebagai simbol kehidupan, keabadian. Spirit tersebut terinspirasi dari perpaduan antara japanese art and culture yang dipertemukan secara kontras dengan nuansa tribal dari Sumba-Indonesia.

Seperti apa karya Biyan dan kiprahnya di jagad fashion yang makin cemerlang dari waktu ke waktu? Berikut penuturannya yang berhasil diliput Swa Online berikut ini :

556711_4514002441190_1637641791_n

Seperti apa portofolio karya Anda di Seruni?

Seruni memang menjadi judul portofolio terbaru saya. Saya memilih Seruni karena itu merupakan nama atau sosok yang saya gambarkan sebagai perempuan Indonesia yang cantik, mandiri, dan berwawasan luas, yang selalu haus untuk belajar dan mengetahui the little things, the latest information, technology, anything. Semakin dia terbuka dan makin luas wawasannya, semakin dia sadar akan apa yang menjadi jati dirinya, and that is about wanita Indonesia.

Contoh essensial dari koleksi kali ini?

Light kimono coat, flowing dresses bermotif bunga crysanthemum yang di print diatas kain sutra, tulle blouse and dresses dengan embroidery motif khas kimono tradisional, coat & jacket dengan motif tribal yang diterjemahkan melalui beragam tekstur kain dan sulam ke dalam rupa anggun dan modern adalah beberapa contoh essensial dari koleksi "SERUNI"

Apa yang harus dilakukan fashion desainer muda supaya bisa eksis dibidang fashion seperti Anda?

Saya pikir, tanpa harus berpanjang-panjang, saya memasuki tahun ke-31 dalam bekerja di bidang saya yaitu fashion, saya ingin mengatakan bahwa anything and everything is possible to be creative in Indonesia. Kalau 31 tahun atau bahkan 15 tahun yang lalu, kami harus berbicara bahwa to be international you have to move your fashion capital to Paris, New York, London, or Milan, not now. Karena sekarang lewat sosial media, teknologi informasi, semuanya terbuka.

Yang penting adalah setiap orang yang ingin terjun dalam bidang kreatif, harus tahu apa yang dia lakukan, mempunyai ketekunan, siap untuk bekerja keras, dan dapat bertanggung jawab. Dan saya pikir kalau itu didukung oleh pemerintah Indonesia yang terkadang hanya melihat creative industry ini hanya sebelah mata, karena dari dulu kita selalu berusaha untuk bersama-sama mempromosikan ini itu, tapi pada akhirnya kita tidak bisa hanya menunggu, kita harus berusaha sendiri, kita harus mau capek-capek sendiri, dan jangan pernah berpikir, kita bakal dapat apa sih, apa yang bisa kita lakukan di sini sambil menunggu dukungan atau bantuan.

Do something. Karena itu lebih baik dari do nothing. Menurut saya creative Indonesia mempunyai salah satu potensi yang sangat luar biasa, bukan hanya di Asia tapi worldwide. Karena orang Indonesia itu mempunyai anugerah yang luar biasa. Dan itu di segala bidang kreatif. Entah itu fashion, musik, kerajinan. It’s amazing.

Sekarang ini relasi antara bisnis fashion dengan digital sangat lekat. Bagaimana dengan label Anda?

Saya pikir digital berkembang berdasarkan kebutuhan dari invention. Dan itu merupakan bagian dari gaya hidup.

Fashion adalah cermin dari gaya hidup itu sendri, so they both merupakan sesuatu kebutuhan yang mencerminkan what is going on, what is happening our life. Satunya merupakan satu kebutuhan untuk penampilan. Satunya lagi kebutuhan mengenai bagaimana untuk berkomunikasi. Itu 2 hal yang sangat berkaitan erat.

Apa target dan ambisi Anda ke depan?

Ke depannya, saya selalu terbuka dan melakukan segala sesuatunya go with the flow, tentunya dengan planning yang baik dan juga there is a dream, there is a certain ambition tapi perlu diimbangi dengan realita, kerja keras, dan kesungguhan. Dan selama kesempatan itu ada, kita diberi kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi, yaitu merupakan suatu proses dan.... we’ll let see. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)