Management CSR Corner zkumparan

BNI Syariah Targetkan Pelatihan Manajemen Masjid di 20 Kota

BNI Syariah Targetkan Pelatihan Manajemen Masjid di 20 Kota
Program Pelatihan Manajemen Masjid di Mataram Nusa Tenggara Barat

PT Bank BNI Syariah mengoptimalisasi peran masjid dan membantu masjid dalam hal pengelolaan manajemen dan keuangan dengan memberikan program Pelatihan Manajemen Masjid yang sudah dimulai sejak tahun 2018.

Anak perusahaan Bank BNI ini menargetkan pelatihan manajemen masjid di 20 kota di sepanjang tahun ini. Dengan target ini, jumlah masjid yang akan dikelola manajemen dan keuangannya diperkirakan akan menjadi 2 ribu masjid dengan peserta sebanyak 4 ribu orang. Dengan demikian, jumlah masjid di tahun ini diharapkan meningkat sebesar 59,23% dibandingkan dibandingkan tahun 2018, yaitu sebanyak 1.256 masjid yang digelar di 10 kota.

Untuk tahun ini, 20 kota yang dimaksud adalah Mataram, Lhokseumawe, Pekalongan, Kudus, Palembang, Jambi, Tanjung Karang, Batam, Pekanbaru, Purwokerto, Tasikmalaya, Cirebon, Malang, Jember, Bali, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Kendari dan Bogor. Di tahun ini, BNI Syariah menyelenggarakan pelatihan manajemen masjid untuk yang pertamakalinya di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada akhir pekan lalu.

Pelatihan Manajamen Masjid di Mataram itu dihadiri 240 orang dari 120 masjid. Acara ini dihadiri Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi NTB, Ahmad Masyuri dan Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Bambang Sutrisno. Perseroan berharap program ini bisa mendorong masjid menjadi lebih professional. “Dalam hal pengelolaan keuangan, aset, fund rising, pelayanan dan pemberdayaan umat,” kata Bambang dalam keterangan tertulis di Mataram (23/3/2019).

Selain pelatihan, menurut Bambang, BNI Syariah juga akan membuat program masjid binaan yang akan fokus ke pemberdayaan ekonomi dan sosial di sekitar masjid. Dengan program pelatihan, BNI Syariah juga mendorong masjid untuk membuka rekening operasional di bank syariah. Ini dilakukan dengan kemudahan persyaratan dokumen dan hadiah yang diberikan ke pengelola masjid.

Program tambahan hadiah ini berupa tabungan untuk 50 masjid pertama yang membuka rekening masjid selama acara program pelatihan ini berlangsung. Diharapkan dari sisi bisnis, program ini bisa meningkatkan jumlah rekening dan dana murah dari tabungan.

Sebagai gambaran, pada pelaksanaan program pelatihan masjid di 2018, BNI Syariah berhasil meningkatkan pertumbuhan jumlah dan volume rekening masjid di seluruh wilayah lokasi pelaksanaan program. Hal ini menjadi salah satu penopang portofolio dana pihak ketiga (DPK) BNI Syariah secara keseluruhan di tahun 2018 mencapai Rp 35,50 triliun, atau tumbuh sebesar 20,82% dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari 3 juta.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved