Bos GE: Investasi Jadi Kunci di Tengah Resesi

Chief Executive Officer (CEO) General Electric (GE) Jeff Immelt menyambangi Indonesia. Ini adalah kesempatan ketiganya dalam lima tahun terakhir. Saat bertatap muka dengan para nasabah GE di Jakarta, ia menekankan pentingnya investasi dalam situasi ekonomi yang penuh ketidakpastian seperti sekarang.

Di matanya, investasi adalah kunci mengejar target ambisius perseroan dalam jangka panjang. Investasi juga penting untuk meningkatkan skala bisnis perusahaan, termasuk meracik model bisnis terbaru yang lebih menguntungkan, misalnya dengan skema partnership dan risk sharing.

“Investasi di bidang teknologi akan menghadirkan solusi untuk efisiensi produksi, pengembangan produk, dan pengambilan keputusan penting dengan cepat,” katanya.

GE-company-leadership-HERO_0

Tak sampai di situ, investasi juga pun menjadi elemen penting dalam upaya perseroan melakukan diversifikasi usaha. Semakin beragam jenis usaha yang dijalankan, semakin stabil pula kinerja perusahaan. Satu lini usaha yang tengah menurun bisa tertutupi lini usaha lain yang tengah melambung.

Yang juga tidak kalah penting, investasi perusahaan juga sangat bermanfaat dalam optimalisasi aset. Aset besar yang dimiliki harus bisa dimanfaatkan secara optimal agar tidak habis dimakan beban penyusutan setiap tahunnya.

“Kita jangan sampai menjadi pemain besar yang lamban bergerak. Kalau itu yang terjadi, kita bisa cepat mati. Kuncinya, ya investasi, tidak ada yang lain. Jangan tunggu sampai perlambatan ekonomi ini berakhir,” katanya.

Jika itu yang terjadi, perusahaan sudah kalah selangkah dengan para kompetitornya. Inilah yang membuat banyak merek dengan nama besar mulai digerogoti para pesaingnya. Penyebab utamanya adalah minimnya investasi untuk mendukung keberlanjutan bisnis.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)