BPK RI Gandeng CPA Australia Gelar Pelatihan Profesionalisme Auditor

Peran auditor dalam suatu perusahaan atau pemerintahan dinilai sangat krusial karena auditor dapat menjadi konsultan dan pemberi solusi untuk pengendalian usaha serta pemberi deteksi dini dalam mengidentifikasi risiko usaha. Untuk itu, kualitas sumber daya manusia terutama auditor harus ditingkatkan pula agar dapat memberikan kontribusi yang semakin baik dalam perusahaan.

DSC_0723-1024x680

Terkait dengan pencapaian Good Corporate Governance dan peningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya auditor, BPK RI bermitra dengan CPA Australia dalam menyelenggarakan Seminar Gabungan bertajuk “Peran Auditor untuk Meningkatkan Proses Kontrol Kualitas dalam Mengembangkan Kualitas Audit” pada hari ini, 13 Agustus 2014 di Auditorium Pusdiklat BPK RI, Jalan Binawarga II, Kalibata, Jakarta Selatan. Pembicara utamanya yaitu Professor Greg Shailer, FCPA (Aust.) PhD, selaku Director of the Australian National Centre for Audit & Assurance Research College of Business & Economics The Australian National University.

Dalam seminar tersebut, Professor Shailer memaparkan bagaimana auditor secara individu dan kolektif dapat meningkatkan kualitas audit. Hal ini akan menjadi bukti bagaimana perubahan peraturan internasional terbaru dapat mempengaruhi kualitas audit, pengelolaan persyaratan masuk industri, peran pengembangan profesional, dan perbedaan struktur budaya terhadap peran auditor.

Retty Setiawan selaku Chief Representatives CPA Australia untuk kantor perwakilan Indonesia menyatakan bahwa pihaknya memiliki kepedulian untuk pengembangan kompetensi para akuntan di Indonesia, baik akuntan sektor publik, seperti BPK RI, maupun akuntan professional lainnya. “Dengan menjadi anggota dan menjalani program CPA maka akuntan dan auditor akan dilengkapi dengan dasar pengetahuan yang lebih baik dalam menghasilkan keputusan bisnis,” terangnya.

Program yang diusung CPA Australia sendiri mengombinasikan inti teknis akuntansi dengan keterampilan-keterampilan strategi, kepemimpinan dan bisnis internasional. Dengan ikut serta dalam pelatihan CPA, para partisipan juga memiliki kesempatan untuk membina hubungan dan mengembangkan jaringan dengan lebih dari 150.000 akuntan profesional di lebih dari 121 negara.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan profesionalisme sumber daya manusia baik di lingkungan BPK RI maupun para akuntan profesional lainnya, dimana keberadaan para auditor secara umum harus senantiasa mampu memberikan nilai tambah yang signifikan, efisien dan efektif bagi perusahaan,” tutup Retty.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)