BRI Agro Kucurkan Kredit Rp 500 Miliar ke Holding Perkebunan

BRI Agro menyalurkan kredit ke Holding Perkebunan Nusantara. (Ilustrasi foto : Istimewa).

Holding Perkebunan Nusantara telah menandatangani Perjanjian Kredit dengan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga, Tbk (BRI Agro) untuk pengucuran Kredit Modal Kerja senilai Rp 500 miliar.

Wakil Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero), Dolly P. Pulungan, mengatakan, pembiayaan ini akan disalurkan kepada perusahaan bagian dari holding khususnya PTPN VII, PTPN X, dan PTPN XIII yang sedang mengalami kesulitan liabilitas dan masih dalam proses pemulihan."Khususnya untuk PTPN VII dan PTPN XIII yang membutuhkan cash flow sehingga kami sebagai holding akan memberikan pendanaan kepada mereka melalui BRI Agro," ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima SWAonline di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Dengan kondisi aset Rp 119 triliun, ekuitas Rp 62 triliun dan total pinjaman bank Rp 31 triliun, PTPN III optimistis mampu melakukan pembayaran kembali pada tenggat waktu yang ditentukan. "Ke depan kami harapkan kerja sama ini bisa terus meningkat tidak hanya dalam financing saja tetapi juga dalam pengelolaan keuangan, termasuk dalam pembiayaan kepada mitra kerja PTPN Group," tambahnya.

Saat ini PTPN Group sedang melakukan restrukturisasi korporasi sehingga membutuhkan dana relatif cukup besar dari pihak eksternal, termasuk di antaranya pembiayaan rencana belanja modal (capital expenditure/capex)tahun 2018 sebesar Rp 16Triliun. Sejauh ini PTPN Group telah memperoleh dukungan yang cukup luas dari perbankan antara baik dari bank BUMN maupun bank-bank swasta. Dalam dua tahun terakhir, bank-bank swasta yang telah memberikan komitmen pendanaan antara lain PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Bank Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) Indonesia, Bank Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) dan Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) Indonesia.

Selain itu, Perseroan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa bank lain, seperti PT Bank Permata, PT Bank UOB Indonesia, dan bank lainnya.  “Keberhasilan holding Perkebunan Nusantara meraih fasilitas pinjaman menunjukan tingkat kepercayaan dan dukungan tinggi dari perbankan atas reputasi Perusahaan dalam mengelola bisnis perkebunan, " tambahnya.

Selain pembiayaan dari fasilitas perbankan, saat ini perseroan juga tengah menjajaki opsi alternatif pendanaan melalui penerbitan instrumen utang. Sebagai bank yang menyandang nama “Agro” dengan ikatan ikatan historis yang kuat dengan Kelompok Usaha Perkebunan Nusantara, BRI Agro berkomitmen tinggi terhadap industri perkebunan. Diharapkan kerjasama BRI Agroniaga dengan PTPN dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)