BRILink Bawa Rezeki, Transaksi & Pendapatan Melonjak

Layanan perbankan tanpa kantor (branchless banking) kian terasa hasilnya bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Jumlah agennya pun semakin banyak. Jumlah Agen BRILink hingga Desember 2015 tumbuh 247% dari periode sama tahun lalu atau menjadi 50.259 agen, dan tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Bank pelat merah itu mencatat nilai transaksi layanan BRILink tahun 2015 mencapai mencapai Rp 35,85 triliun, melonjak 3.684% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 973 miliar. Jumlah transaksi juga naik pesat dari 1,06 juta transaksi akhir tahun 2014 menjadi 65,87 juta transaksi akhir tahun 2015. Jumlah transaksi tersebut tumbuh 6.217%.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso menjelaskan, perseroan menjelaskan kebutuhan jasa layanan perbankan bagi masyarakat Indonesia saat ini memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap kinerja BRILink. “Pertumbuhan jumlah agen, jumlah transaksi serta jumlah nilai transaksi tersebut juga berbanding lurus dengan fee based income (pendapatan jasa/nonbunga) yang diperoleh BRI,” kata dia dalam rilisnya.

BRI Teras 0e7b3e08ffcc945513

Sepanjang 2015, jumlah pendapatan nonbunga yang dihasilkan agen BRILink mencapai Rp 19,97 miliar, melesat 4.445% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah itu telah dikurangi 50% fee yang menjadi hak Agen BRILink.

“Melihat potensi yang begitu besar, ke depan BRI terus menyempurnakan model bisnis BRILink ini dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh masyarakat tentunya dengan tetap berpedoman pada ketentuan atau regulasi yang ada,” katanya.

BRILink adalah layanan keagenan BRI. Perseroan bekerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen untuk memberikan berbagai layanan perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee (fifty-fifty). Produk dan layanan yang disediakan oleh Agen BRILink meliputi Mini ATM BRI, T-Bank atau produk uang elektronik BRI yang menggunakan nomor handphone sebagai nomor rekening.

Terkait dengan Program Laku Pandai, belum semua Agen BRILink bisa memberikan layanan Laku Pandai. Agen BRILink yang juga bisa menjalankan program Laku Pandai disebut Agen BRILink Laku Pandai. Dari 50.259 jumlah Agen BRILink yang tercatat hingga akhir Desember 2015, sebanyak 41.753 agen sudah bisa berperan sebagai agen laku pandai.

Layanan yang bisa diberikan oleh Agen BRILink Laku Pandai, dari sisi simpanan adalah Tabunganku dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), yakni produk tabungan yang dapat diakses langsung melalui tanpa dikenakan biaya administrasi plus biaya transaksi yang lebih murah daripada transaksi regular.

Dari sisi pinjaman, bisa melayani permohonan pinjaman Kupedes dan Kupedes Rakyat, di mana agen bertindak sebagai pencatat permohonan serta sebagai pemberi referral terhadap permohonan tersebut.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)