BSM Targetkan Salurkan Dana Pembiayaan Rp 120 Miliar di Garut

 

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Garut, Jawa Barat menargetkan penyaluran pembiayaan usaha mikro sebesar Rp120 miliar hingga akhir tahun 2017. Branch Manager KC Garut, Gilly Prayoga Widayanto, mengatakan, sektor mikro di Garut cukup menjanjikan karena mayoritas pembiayaan di Garut lebih ke industri kreatif dan perdagangan artinya tidak ada untuk korporasi. Hal ini dilihat dari pertumbuhan pembiayaan 15% secara year on year (yoy).

"Porsi terbesar tetap perdagangan sekitar 60% sedangkan industri kreatif sekitar 40%, " ujarnya. Ia menjelaskan, untuk pembiayaan mikro batasannya hingga Rp200 juta, sementara untuk usaha kecil mulai Rp 200 juta sampai dengan Rp 5 miliar. Saat ini, jumlah nasabah pembiayaan mikro BSM Wilayah Garut berkisar 250 orang.

Lebih lanjut, kata Gilly, pembiayaan kredit ke mikro cukup menantang. Sehingga perusahaan harus lebih selektif dan ketat saat melakukan survei. Selain itu, juga harus dilakukan pengawasan yang ketat. Serta harus dibantu oleh komunitas atau asosiasi sehingga kontrolnya lebih mudah atau istilahnya double checking. "Wilayah Garut ini termasuk cukup baik pembi yakni dapat menjaga rasio kredit bermasalah (non-performing financing/NPF) di bawah 2%, "jelasnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)