Bukalapak & Bank Commonwealth Dukung Usaha Perempuan

Kegiatan Srikandi di Surabaya

Bukalapak dan Bank Commonwealth melalui program WISE kembali melakukan edukasi kepada Komunitas Srikandi. Ian Agisti, Community Program Manager Bukalapak, mengatakan, tujuan kerja sama ini untuk pengembangan bisnis para pelapak perempuan.

Berdasarkan survei Angkatan Kerja Nasional tahun 2016, jumlah total pekerja dari 17 sektor pekerjaan sebanyak 45,8 juta orang yang terdiri dari 29,3 juta laki-laki dan 16,4 juta perempuan. Sebesar 64% masih didominasi oleh pria, sehingga pekerja laki-laki menguasai 14 sektor pekerjaan.

Mengangkat tema “Financial Management & Kesehatan Perempuan”, Bukalapak dan Commonwealth, terus membuat program-program peningkatan kapasitas diri untuk perempuan seperti ini.  Hal ini diharapkan dapat menurunkan gap antara laki-laki dan perempuan dengan adanya stigma kurangnya kompetensi pada perempuan.

Tantangan perempuan ketika menginiasi bisnis itu lebih banyak. Contoh, bagaimana membagi waktu dengan keluarga meyakinkan lingkungan ketika mau mulai berbisnis dan lainnya. “Kami sangat mendorong bisnis mereka semaksimal mungkin karena potensi perempuan yang ada di Indonesia sangat besar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam mengikuti komunitas ini akan memiliki dampak yang baik terhadap bisnisnya. Kalau dilihat secara data, memang mereka yang tergabung aktif di komunitas rata-rata mengalami peningkatan transkaksi dibandingkan pelapak yang tidak ikut komunitas. Karena secara pengetahuan mereka lebih banyak terpapar informasi dibandingkan pelapak biasa,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)