Bukalapak Dorong Warung Naik Kelas

Di usianya yang ke-9, Bukalapak kembali membuat langkah besar dengan memperkenalkan Mitra Bukalapak.

Mitra Bukalapak adalah terobosan baru untuk memberdayakan warung-warung di Indonesia terhubung dengan teknologi. Menurut Achmad Zaky, Pendiri dan CEO Bukalapak, penetrasi penjualan online masih 3-4%. Sementara warung yang ada di Indonesia jumlahnya sebanyak 5 juta.

“Sehingga kami punya ide, mungkin tidak ya untuk memberdayakan warung-warung di Indonesia dengan menghubungkan mereka melalui teknologi, dan  ternyata bisa. Saat ini  banyak sekali warung yang sudah menggunakan. Bahkan, ke depan  produsen-produsennya  bisa diberdayakan juga dengan platform baru ini,” jelasnya.

Kata Zaky, saat ini selama 2 tahun belakangan, Bukalapak telah berhasil menjaring lebih dari 500 ribu warung dan 700 ribu pelaku usaha mandiri di seluruh Indonesia. Menurutnya, jumlah ini masih sangatlah kecil pasalnya jumlah warung di Indonesia mencapai 5 juta warung.

Ke depan, ia berharap warung dapat semakin naik kelas karena semakin terhubung dengan teknologi. Contohnya dengan adanya aplikasi Mitra Bukalapak yang memiliki fitur “Warung Terdekat”, Call Order Delivery ini, memungkinkan pemilik warung untuk memesan stok barang dagangannya melalui aplikasi untuk diantar langsung ke warung.

Bukalapak juga sudah bekerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian KOmunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

“Pemilik warung akan mendapatkan pembiayaan pinjaman usaha maksimal 10 juta per nasabah melalui aplikasi Mitra Bukalapak ini memiliki layanan “Saldo Bantuan,” ujarnya.

Melalui pinjaman UMi ini, diharapkan para Mitra Bukalapak untuk melakukan pengembangan usaha mereka. Nantinya, masyarakat ini juga akan semakin dimudahkan melalui teknologi seperti kode QR untuk berbelanjan di warung. “Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha, karena itu tahun ini kami akan mengoalokasikan dana sebesar Rp 1 triliun untuk mewujudkan warung-warung tersebut naik kelas,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam satu tahun terakhir Bukalapak mencatatkan pertumbuhan transaksi lebih dari 3 kali lipat dan mencapai lebih dari 12 juta kunjungan setiap harinya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)