Bukalapak Jaga Harga Jual Oksigen Demi Bantu Masyarakat Hadapi COVID-19

Masyarakat mengantre di toko pengisian oksigen, saat infeksi COVID-19 melonjak mencapai rekor tertinggi di Indonesia. (Foto: AFP/Dasril Roszandi)

Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan tingginya permintaan masyarakat terhadap tabung oksigen maupun oksigen portable.

Baskara Aditama, AVP Marketplace Quality Bukalapak mengatakan tabung oksigen dan oximeter termasuk dalam barang-barang yang meningkat transaksinya dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu. Untuk mengantisipasi hal ini, pihaknya ecara rutin memantau harga pasaran untuk barang-barang ini agar bisa menjaga harga yang ditetapkan oleh para penjual dalam batas wajar, sehingga masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Ia menegaskan untuk seluruh penjual yang menetapkan harga di luar batas ini demi meraup keuntungan dan menghalangi akses masyarakat pada penggunaan alat-alat kesehatan, termasuk tabung gas, akan ditindak tegas dengan cara segera menurunkan produk tersebut dari marketplace dan memberikan label pelanggaran kepada penjual.

“Pada dasarnya kami memperbolehkan seluruh penjual menetapkan harga dan strategi penjualan masing-masing. Namun, mereka harus selalu mematuhi aturan yang berlaku baik di Bukalapak maupun secara hukum. Menjual barang dengan harga yang tidak sesuai juga termasuk di dalam pelanggaran yang kami tetapkan, sehingga tentunya akan kami tindak”, lanjut Baskara.

Para pengguna Bukalapak yang menemukan penjualan barang-barang lain terkait penanganan COVID-19 dengan harga tidak normal juga bisa berpartisipasi dengan cara melaporkan via BukaBantuan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)