Busanaremaja Pasok 30 Brand Ternama Dunia

PT Busanaremaja Agracipta menjadi pemasok langsung produk pakaian dalam bagi 30 brand ternama di dunia. Di Amerika Serikat, BusanaRemaja di antaranya bekerja sama dengan brand Calvin Klein, Lilyette, Spanx, DKNY, dan Victoria's Secret. Untuk pasar Eropa dengan brand H&M, Wacoal, Freya, dan Debenhams, serta di Australia dengan brand Gazal, Triumph, dan Bendon.

Beberapa produk pakaian dalam yang dihasilkan Busanaremaja adalah bra, celana dalam, pakaian tidur wanita, singlet, shape wear, baju renang, dan sports bra. Total negara yang sudah dirambah produk Busanaremaja ada 39 dengan 10 di antaranya menjadi fokus utama, yakni Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Brazil, dan Meksiko.

S.L. Uttam, pemilik & CEO dari PT Busana Remaja Agracipta (dua kiri) S.L. Uttam, pemilik & CEO dari PT Busana Remaja Agracipta (dua kiri)

Shyam Lal Uttam, CEO Busanaremaja, menuturkan, demi memuluskan langkah untuk masuk ke pasar global, Busanaremaja rela untuk tidak menggunakan brand sendiri.

“Masuk ke pasar luar negeri, banyak sekali aturannya. Karena itu, kami belum ada brand sendiri, karena justru akan sulit menembus pasar dan bersaing dengan brand-brand besar. Tapi ke depan, kami ingin memiliki brand sendiri,” katanya.

Menurut dia, menjadi pemasok langsung ke gudang 30 brand ternama di dunia merupakan jembatan menuju langkah yang lebih besar. Karena itulah, Busanaremaja terus berupaya mendongkrak kapabilitas bersaing melalui peningkatan teknologi, seperti penggunaan mesin modern.

Mulai dari teknologi produksi untuk proses produksi pengemasan, quality control, special production process (bonding, laminatio, bra wire manufacturing process, dan foam cup manufacturing), hingga production software yang digunakan dalam proses desain, planning, dan monitoring produksi. Busanaremaja juga terus mengembangkan kemampuan sumber daya manusia (SDM), di antaranya melalui kerja sama dengan University of Portsmouth, Inggris, untuk meningkatkan kemampuan operasi teknikal.

“Kami melakukan leadership training, yaitu trainer dari internal yang kami rekrut. Selain itu terdapat personality development training center di Yogyakarta. Setiap bulan sebanyak 50 karyawan kami training selama 6 minggu,” ujar dia.

Busanaremaja juga mengklaim memiliki tim resources and development (R&D) yang solid. Melalui tim tersebut, perusahaan dapat terus membuat inovasi dan desain-desain produk baru. Beberapa inovasi perusahaan adalah foam cup, spray lamination, in house design, bra wire manufacturing, dan yang terbaru di tahun ini adalah hot melt lamination. “Tim R&D kami ada beberapa, yaitu R&D untuk research dan desain produk di Jakarta, lalu untuk bra cup design berapa di Yogyakarta, untuk foam cup mold juga berada di Yogyakarta,” kata dia. (Reportase: Tiffany Diahnisa)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)